Monday, June 13, 2022

ULASAN: SEE FOR ME





Film yang mengangkat invasi atau perampokan rumah sudah banyak macam ragamnya kita tonton. Mayoritas film bertema seperti ini masuk ke dalam genre thriller. Lalu bagaimana jika dirampok yang dihuni itu orang buta? Sebuah premis yang mengingatkan kita dengan Don't Breath. Hanya saja pada Don't Breath posisi yang meneror ada pada karakter yang buta, sedangkan dalam See for Me protagonisnya benar-benar ada pada orang buta yang mencoba selamat dari 3 pembobol yang ingin merampok rumah yang dia huni. Premis yang cukup bikin penasaran bukan?


Film yang bercerita tentang mantan pemain ski bernama Sophie ((Skyler Davenport) yang kehilangan penglihatannya. Sophie yang sangat membutuhkan uang akhirnya bekerja sebagai penjaga kucing di sebuah rumah mewah dan terpencil. Namun teror berawal dari rumah yang ternyata sudah diincar oleh tiga perampok. Sophie yang tak bisa melihat dan satu-satunya pertahanannya adalah sebuah aplikasi See For Me yang menuntunnya untuk melihat keadaan disekitar dan menjadi pertahanan Sophie dari para pencuri.



Film yang minim cast ini sejak awal memang sangat menonjolkan karakter Sophie. Kita bisa melihat dari awal karakter Sophie dengan segala kekurangannya sangat keras kepala, tidak mau dikasihani termasuk oleh ibunya sendiri yang sampai akhirnya kita mengetahui sisi buruk dari Sophie. Sampai disitu pengembangan karakter Sophie bisa dibilang sudah solid yang dikombinasikan dengan plot cerita ketika memasuki sequence 3 perampok masuk. Di sini kita akan melihat momen-momen menegangkan dan menahan nafas bagaimana Sophie yang hanya bisa mengandalkan pendengarannya yang tajam dan panduan seseorang dari aplikasi.


Namun plot cerita yang sudah menarik itu mengubah arahnya cukup dratis. Randall Okita sebagai sutradara cukup berani mengambil keputusan beresiko tersebut. Perubahan arah dan motivasi Sophie di tengah-tengah plot cerita yang tadinya hanya ingin selamat menjadi memanfaatkan situasi untuk keuntungannya sendiri. Keputusan ini sangat beresiko yang bisa membuat penonton yang tadinya peduli dengan karakter Sophie akan menjadi sebaliknya. Dan saya masuk dalam kategori yang awalnya peduli menjadi sebaliknya. Ketidakkonsistenan karakter yang sangat disayangkan dan cukup meganggu.


Secara keseluruhan, See for Me mempunyai pembuka solid sampai pertengahan film. Perubahan arah motivasi karakter utama yang terlalu berani dan lebih kepada eksperimen ikut mengubah mood penonton juga pada plot cerita dan karakter utamanya. Esensi film survivalnya menjadi hilang ketika kamu tidak berpihak lagi pada karakter utama.

  
Overall: 6/10










Subscribe to this Blog via Email :