Wednesday, August 24, 2022

ULASAN: BEAST


Hampir setiap tahun akan selalu ada film terbaru bertema survival-thriller di mana tokoh utama terjebak dan harus berhadapan dengan makhluk yang lebih kuat. Yang menjadi makhluk lebih kuat itu bisa alien, hewan buas atau bahkan cuaca. Dan kali ini ada 'Beast', film yang dibintangi oleh Idris Elba dan Sharlto Copley yang harus berhadapan sang raja afrika yaitu seekor singa. Film yang disutaradarai oleh sutradara berasal dari Islandia Baltasar Kormakur yang sebelumnya sudah menyutradarai film survival lainnya seperti Everest (2015) dan Adrift (2018)


Nate Daniels (Idris Elba) seorang dokter seorang ayah tunggal yang untuk mengenang sang istri yang sudah meninggal, ia melakukan perjalanan ke Afrika Selatan dan mengajak serta kedua putrinya.Tujuan perjalanannya adalah tempat dimana ia pertama kali bertemu sang istri. Bersama kedua putrinya Norah dan Meredith melalukan perjalanan tersebut. Dalam perjalanan mereka dipandu oleh Martin (Sharlto Copley) yang merupakan ahli biologi satwa liar sekaligus teman lama Nate dan mendiang istri. Perjalanan menyenangkan yang telah dinanti-nanti justru berubah menjadi pengalaman menegangkan. Seekor singa yang selamat dari pemburuan berubah menjadi predator ganas yang menganggap semua manusia adalah musuh.


Secara garis besar 'Beast' adalah film survival-thriller yang sudah sering kita temui dengan film-film sejenis. Sekelompok orang yang yang berliburan terjebak pada situasi terburuk yang pernah mereka alami. Yang membedakannya adalah perjalanan atau proses mereka dalam menyelamatkan diri. Dan disini sedikit kelebihan yang ada pada 'Beast'. Di tengah-tengah menjaga tempo ketegangan, naskahnnya menyelipkan sebuah drama antara seorang ayah dan dua putrinya dan itu cukup berhasil dan membuatnya lebih dari sekadar film survival. Idris Elba cukup mumpuni memerankan seorang ayah yang rentan yang belum bisa berdamai dengan rasa bersalah yang sekaligus mencoba bisa kembali dekat dengan kedua putrinya. Dramanya berkerja dengan baik.


Dibagian sequence suspensnya, Baltasar Kormakur sudah sudah kenyang pengalaman mengerjakan film-film sejenis tidak banyak menemui kesulitan pada bagian ini. Momen-momen suspense muncul pada saat yang tepat dan sangt efektif. Jadi jangan kaget jika kamu menontonnya di bioskop kamu akan sering mengalami kaget atau berteriak berjamaah. Tidak hanya itu, naskahnya yang dikerjakan oleh Ryan Engle ini juga memberikan motif pada predator kita menyerang manusia yag membuatnya bukan sekadar pemangsa haus darah. 


Secara keseluruhan 'Beast' memang film generik beterma survival. Namun elemen-elemen film survival, dalam Beast berjalan dengan efektif. Memang beberapa hal kebodohan klise yang sering kita jumpai pada film sejenis masih akan kita temui, tapi tidak bisa dipungkiri jika 'Beast' masih cukup memeberi hiburan yang menegangkan selama 90 menit.

Overall: 7/10


Subscribe to this Blog via Email :