Friday, August 12, 2022

ULASAN: FALL




Fall adalah film bergenre survival thriller dibintangi Grace Fulton (Shazam). Selain dibintangi Grace Fulton,Virginia Gardner (“Marvel’s Runaways”), Mason Gooding (“Scream”) dan Jeffrey Dean Morgan (“The Walking Dead”) juga tampil sebagai cast pendukung film ini. Scott Mann ('Heist' dan 'The Tournament')didapuk sebagai sutradara Fall. Mann dan Jonathan Frank menulis naskah, dengan Christian Mercuri, James Harris, Mark Lane, dan Mann sebagai produser.



Becky (Grace Fulton) dan Hunter (Virginia Gardner) adalah dua sahabat yang gemar dengan olahraga panjat tebing untuk bersenang-senang dan mencari adrenalin. Becky berhenti melakukan hobi ini setelah mengalami peristiwa traumatis dalam salah satu pendakian yang menyebabkan pacarnya meninggal. Suatu kali Hunter mengajak Becky untuk melakukan kegiatan pendakian kejutan, Becky ragu-ragu memutuskan untuk bergabung dengan Hunter namun dia berharap itu akan membantunya mengatasi rasa takutnya akan ketinggian dan menemukan kembali hasratnya untuk mendaki. Kali ini bukan gunung atau tebing yang akan mereka daki tapi puncak menara radio yang sudah terbengkalai, 2000 kaki di udara sambil menjalankan misi menyebarkan abu sang pacar Becky. Saat mencoba memanjat menara, Becky dan Hunter kehilangan pijakan ketika sepotong tangga tua yang goyah jatuh, membuat keduanya terdampar. Keterampilan memanjat yang luar biasa dari Becky dan Hunter dan persahabatan mereka diuji hingga batasnya saat mereka harus melawan badai, ketinggian yang menakutkan ditambah tidak adanya jaringan selular dan ancaman mati kehausan akibat kehabisan persediaan air. Akankah mereka berhasil selamat dari situasi yang cukup mustahil ini?



Berdurasi 1 jam 47 menit sebetulnya inti film cuma tentang bagaimana aksi Becky dan Hunter untuk bisa selamat dari tindakan nekat kalau tidak mau disebut bodoh dari tower radio di tengah gurun. Pemerannya bisa digantikan siapa saja karena tidak ada pengembangan karakter berarti yang dilakukan untuk karakter Becky ataupun Hunter. Adegan di awal hanya untuk memberikan kita background cerita namun tidak cukup meyakinkan penonton bahwa kemampuan memanjat tebing mereka memang mumpuni. Cerita baru mulai menarik saat mereka akan menjalankan misi mendaki tower dan cukup terbayarkan lewat semua aksi dan ketegangan yang ditawarkan. Satu hal yang mengganggu adalah bagaimana seseorang seperti Becky yang mengalami trauma hebat mau dengan mudah dibujuk untuk ikut kegiatan gila yang pernah membuat hidupnya trauma berat, kurang believeable saja di bagian ini. Dari bagian tengah hingga akhir kita diberikan ketegangan dan eskalasi bahaya yang semakin meningkat serta formula keputusasaan hebat yang terus mendera 2 tokoh utama kita. Kesusahan demi kesusahan yang dialami cukup membuat penonton mampu bertahan hingga film ini selesai untuk menuntaskan rasa penasaran melihat bagaimana nasib Becky dan Hunter lolos dari situasi ini. Salah satu kelebihan film ini adalah adanya twist yang tidak disangka-sangka walau saya sudah punya feeling soal ini. Anda harus tonton sendiri untuk tahu twist yang saya maksud.



Para cast yang terlibat semuanya sudah menjalankan porsi acting mereka dengan baik masalahnya hanya pada kualitas penulisan cerita saja. Kehadiran Jeffrey Dean Morgan sebagai ayah Becky semestinya bisa dimanfaatkan lebih baik ketimbang hanya hadir di awal dan penghujung film, what a waste. Chemistry Grace dan Virginia sebagai dua orang sahabat sangat terasa cukup kental yang tampak dari kejadian yang mereka alami sepanjang film dan menjadi salah satu kelebihan yang membuat film ini jadi lebih hidup. Sinematografi film ini tentu didominasi CGI tetapi kualitasnya cukup rapi dan tidak murahan. Fakta menarik film ini adalah adanya penggunaan software Flawless (semacam sotware Deepfake tapi untuk suara) untuk mengganti kata2 kasar (F* word), yang konon ada lebih kurang 30 F*word, menjadi kata-kata yang lebih sopan supaya penonton PG-13 juga bisa ikut menonton.



Berbekal naskah simpel dan pace cerita yang pas, tontonan film ini cukup menghibur walau masih ada kekurangan di beberapa aspek. Namun tujuan utama film ini untuk memberikan sajian thriller dengan pendekatan berbeda tercapai dengan baik.. Scott Mann berhasil mengantarkan pesan moral pada penonton lewat rangkain adegan yang membuat was-was. Kita diingatkan bahwa hanya dua kemungkinan keluar dari situasi berbahaya seperti di film ini yaitu mati konyol atau lolos dengan susah payah lalu jadi terkenal sesudahnya seperti yang dilakukan Hunter lewat konten-kontennya yang gemar menantang maut.







Overall Score : 7.5/10



Subscribe to this Blog via Email :