Thursday, January 26, 2023

ULASAN: OPERATION FORTUNE 'RUSE DE GUERRE'



Guy Ritchie belum selesai dengan film bergenre action. Untuk menguatkan unsur action dalam film terbarunya ini, Guy Ritchie kembali mengajak salah satu ikon genre action favoritnya Jason Statham. Ini film ke-5 kerjasama mereka dan Operation Fortune: Ruse de Guerre (OPFRDG) kerjasama mereka dua kali berturut-turut setelah Wrath of Man (2021). Nama besar lainnya yang ikut meramaikan film bertema spionase ini anatara lain Hugh Grant, Aubrey Plaza, Josh Harnett dan Bugzy Malone.


Orson Fortune (Jason Statham) seorang agen mata-mata profesional diberi tugas menghentikan penjualan senjata dengan teknologi tinggi yang berbahaya. Orson bersama rekan-rekannya dihadapkan dengan banyaknya tantangan dan penyamaran untuk menunaikan misi tersebut. Dengan anggota tim lainnya dari Sarah Fidel (Aubrey Plaza), Nathan Jasmine (Cary Elwes), JJ Davies (Bugzy Malone) mereka bersama-sama menuntaskan misi dengan keahliannya masing-masing dengan anggota tambahan yang tidak terduga seorang aktor narsistik yang mempunyai skandal Danny Francesco (Josh Hartnett) harus turut menjadi umpan dalam misi berbahaya ini.


Tidak seperti Wrath of Man film kerjasama sebelumnya Guy Ritchie dan Jason Statham yang membawanya ke arah action yang serius. Untuk OFRDG sendiri Guy Ritchie membawa filmnya ke arah action-komedi dengan elemen spionase yang kental. Sebuah komedi ciri khas dari Guy Ritchie yang menggabungkan one liner sarkasme dengan situasi. Komedi yang cukup efektif yang sering memancing tawa penonton.  Sementara elemen spionasenya sendiri juga laya menjadi kredit lebih. Layaknya seperti Ethan Hunt dengan tim Mission Impossiblenya, Orson Fortune juga mempunyai tim yang menjalankan misi dengan skema penyamaran. Namun berbeda dengan Mission Impossible yang lebih menekankan pada sequence action yang besar, OFRDG menekankan actionnya pada aksi laga seorang Jason Statham. Tidak sekali-dua kali setiap sequence action diakhiri dengan pertarungan tangan kosong yang sering kita lihat di film-film action Jason Statham. 


Guy Ritchie seperti tidak terlalu kesulitan mengarahkan film bertema mata-mata seperti ini. Sebelumnya kita sudah pernah melihatnya lewat The Man from UNCLE. Selain itu yang menarik OFRDG adalah komposisi pemainnya. Jika Jason Statham mungkin tidak heran bisa memainkan karakter serius yang diberi bumbu sinis dan sarkasme karena sudha bermain dengan film sejenis dengan Guy Ritchie. Tetapi penampilan Aubrey Plaza dan Hugh Grant yang sangat memberi warna film ini. Lebih-lebih Aubrey Plaza dengan aura karakter anehnya yang bisa mengimbangi keseriusan karakter Orson Fortune. Sementara Hugh Grant yang semakin bisa melepaskan stereotip karakter King of Romancenya setelah melihatnya dalam film ini. Namun sayangnya penampilan menonjol dari Aubrey Plaza dan Hugh Grant itu sendiri tidak sama dengan karakter-karakter pembantu lainnya. Porsi mereka ada hanya untuk pengisi cerita tanpa kedalaman berarti. 


Operation Fortune Ruse de Guerre bisa dibilang semacam Mission Impossible veris Guy Ritchie yang jauh lebih menyenangkan. Meskipun dari konflik utama plot cerita tidaklah terlalu istimewa, film ini masih bisa sangat menghibur. Untuk sebuah pembuka film action di bulan pertama tahun ini, OFRDG salah satu tontonan yang layak jadi perhatian.


Overall: 7/10

Subscribe to this Blog via Email :