Wednesday, January 11, 2023

ULASAN: PLANE


Jika memang seandainya Die Hard nantinya akan di reboot dengan karakter, nama Gerard Butler harusnya ada posisi paling atas untuk memerankan karakter John McClane. Lihat saja filmography-nya. Sebagian besar daftarnya berisi film dengan karakter-karakternya dalam situasi terjepit dan melakukan tindakan heroik yang epik. beberapa contoh judulnya seperti Angel Has Fallen trilogy, Geostorm, Greenland dan masih banyak judul lagi menampilkan karakter heroik di tengah-tengah situasi terjepit. Tidak terkecuali film berjudul Plane ini. Sebuah action-thriller seperti menggabungkan Con Air dengan Sully dalam satu film.

Kapten pilot Brodie Torrance (Gerard Butler) melakukan rutinitas  bersiap-siap melakukan penerbangan dari Singapura ke Tokyo di malam tahun baru. Pekerjaan yang harusnya mudah karena malam itu dia hanya membawa 14 penumpang dan 1 penumpan tambahan, Louis Gaspare (Mike Coulter) seorang tahanan berbahaya. Namun, karena cuaca yang buruk, pesawat terpaksa mendarat darurat di sebuah kepulauan di Filipina. Tanpa disangka-sangka, pulau tersebut ternyata dihuni oleh separatis dan milisi. Sebagai kapten, Torrance harus berusaha membawa pergi para penumpang dengan selamat sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Termasuk bekerjasama dengan sang tahanan berbahaya Louis Gaspare.


Film yang berjalan secara naratif ini memang tidak mempunyai plot cerita istimewa. Cerita lebih berfokus bagaimana Kapten Brodie memimpin semua awak dan penumpangnya untuk bertahan. Bahkan meskipun memberikan Brodie latar belakang seorang duda dan mempunyai putri yang menunggu di rumah, namun hampir tidak ada sama sekali porsi drama dalam film ini. Kelebihan dari Plane ada pada bagaimana berhasil membangun momen-momen situasi yang menegangkan dan membuat penontonpun ikutan merasan momen ketegangan tersebut. Lebih-lebih pada 30 menit terakhir filmnya yang benar-benar berhasil memberikan momen thrilling pada penonton. 


Untuk sequence actionnya juga cukup berhasil memberi keseruan tersendiri meskipun tidak terlalu luar biasa. Sepertinya memang tidak ingin terlalu mengumbar-umbar bagian action yang wah agar bagian terbaik 30 menit terakhir bisa tampil maksimal. Untuk penampilan para castnya sendiri juga tidak ada yang terlalu menonjol. Yang cukup menarik adalah bagaimana lebih kepada  bagaimana Brodie harus bekerjasama dengan sang tahanan Louis. Namun sayang bagian ini pun tidak terlalu dieksplorasi yang bisa mendapatkan feel buddy-movie yang kuat.


Plane sebuah action-thriller yang secara keseluruhan memnag tidak luar biasa, namun masih berhasil tampil menggigit. Menggabungkan elemen film bertema bencana dengan action menjadi keseruan tersendiri. Jika kamu tidak bereskpetasi muluk-muluk dan mencari hiburan yang menyenangkan, maka Plane adalah jawabannya.

Overall: 7/10

Subscribe to this Blog via Email :