Tuesday, March 28, 2023

ULASAN: DUNGEONS & DRAGONS "HONOR AMONG THIEVES"



Untuk yang bukan pemain aktif Dungeons & Dragons (DnD), seberapa banyak yang kamu tahu tentang permainan ini? Tanpa bermaksud mengindahkan 3 film yang pernah ada mengadaptasi permainan ini menjadi film saya yakin banyak teman-teman menjawab hanya mengetahui permaiananini karena sering disingung dan muncul dalam serial populer seperti The Big Bang Theory dan Stranger Things. Hal itu membuktikan betapa 3 film DnD sebelumnya bisa termasuk kategori gagal karena mayoritas tidak mengetahui keberadaan film-film tersebut. Sekarang hadir versi terbarunya dengan cerita baru, semangat baru dengan jajaran cast yang sudah kita kenal semua. Bisakah versi terbaru ini merebut hati penonton?



Setelah dipenjara karena tertangkap basah mencuri sebuah artefak magis, Edgin Darvis (Chris Pine) dan sahabatnya Holga Kilgore (Michelle Rodriguez) berhasl melarikan diri dari penjara. Tjuan pertamanya setelah kabur dari penjara adalah segara menemui putrinya Kira (Chloe Coleman) yang dititipkan kepada sahabat lamanya, Forge Fitzwilliam (Hugh Grant). Namun rencana sederhana itu mengubah situasi ketika Edgin mengetahui bahwa sahabat lamanya tersebut telah mengkhianati dirinya dan bahkan berkomplot dengan penyihir jahat bernama Sofina (Daisy Head) yang memiliki rencana jahat untuk menguasai negeri Neverwinter. Edgin pun membentuk tim untuk bisa melakukan sebuah perampokan besar dan juga sekaligus ingin merebut kembali hati putrinya yang telah hilang kepercayaan pada ayahnya.



Dari adegan pembuka yang sekaligus menceritakan latar belakang tokoh utama kita yaitu Edgin akan menjadi gambaran isi keselurahan film. Pelan-pelan dengan cara komikal penonton dibawa masuk ke dalam cerita dan mengenal tokoh-tokohnya. Disinilah kehebatan duo sutradara yang sekaligus menulis naskah film ini, Jonathan Goldstein dan John Francis Daley. Mereka berdua bisa membagi porsi masing-masing karakter saling mengisi. Tidak ada yang menonjol sendiri, bahkan termasuk Edgin yang merupakan tokoh utama film ini diberi porsi yang pas. Dan semua didukung dengan kemistri yang kuat juga antar pemain. Semua itu terasa bagaimana komedi dari dialog-dialog receh hampir keseluruhan berhasil memancing tawa di tengah-tengah keseruan petualangan.


Dari sisi visual juga salah satu keunggulan DnD: Honor Among Thieves yang tidak hanya berhasil menciptakan dunia alternatif yang disebut Forgotten Realms dalam film ini, namun bagaimana makhluk-makhluk fantasi dengan berbagai bentuk terlihat hidup. Kombinasi makhluk dengan make-up dan CGI terlihat padu. Tidak menggantung sepenuhnya pada CGI. Efek CGI diprioritaskan untuk adegan-adegan besar dan itu berhasil. 30 menit terakhir yang menjadi final actnya sungguh menjadi momen yang epik.


Jujur, saya salah satu yang termasuk meremehkan film ini sebelum menonton. Impressi awal melihat promo film ini dari poster hingga trailer seperti melihat parade cosplay dalam sebuah film. Tidak ada daya tarik tertentu yang membuat filmnya terlihat spesial. Namun saya harus menelan ludah, karena apa yang saya tonton benar-benar di luar ekspetasi. DnD: The Among Thieves tidak hanya memberikan sebuah cerita yang solid dan menghibur, namun juga memberikan hati dalam film ini. Untuk penggemar gamenya akana banyak refrensi permaiannya yang yang ditemukan, sementara yang tidak mengetahui apa-apa mengenai permainan ini, well selamat datang di dunia Dungeons and Dragons.


Overall: 8,5/10

Subscribe to this Blog via Email :