Friday, April 21, 2023

ULASAN: THE COVENANT



Guy Rtichie bisa dibilang salah satu sutradara yang cukup sibuk di tahun 2023 ini. Pada saat sedang sibuk dalam produksi film terbarunya yang dibintangi Henry Cavill untuk tayang tahun depan, tahun ini ada dua film sang sutradara yang tayang. Yang pertama Operation Fortune: Ruse de Guerre yang sudah tayang pada Januari lalu, dan yang kedua film yang akan kita bahas saat ini, The Covenant. Film yang dibintangi oleh Jake Gyllenhall dan Dar Salim dengan genre action-thiller.

John Kinley (Jake Gyllenhaal), salah satu seorang pimpinan tentara asal Amerika Serikat yang ditempatkan  misi ke Afganistan untuk mengamankan negara tersebut dari Taliban. Kinley pun merekrut seorang penerjemah bernama Ahmed (Dar Salim) agar lebih mudah berkomunikasi dengan warga lokal saat mencari Taliban. Namun, masalah datang ketika pasukan Taliban justru menyergap Kinley serta timnya. Dan plot cerita berpindah dari sekupulan tim menjadi kisah dua orang berbeda ras yang bahu-bahu membahu saling menyelamatkan.


Tidak seperti dalam trailer yang fokus menampakan perjuangan Jake Kinley yang kembali ke Afghanistan untuk menyelamatkan Ahmed yang membuat seolah-olah adegan penyergapan di trailer adalah sebuah prolog. Dalam film sendiri terdiri dari dua bagian. Bagian pertama yang saya kira itu hanya akan menjadi prolog menjadi satu bagian tersendiri dari adegan perkenalan Kinley dengan Ahmed, dan lalu bagian kedua misi bunuh diri Kinley yang kembali ke Afghanistan untuk menyelamatkan Ahmed. Dua bagian yang saling mengisi. Keduanya mempunyai alur yang lambat namun alur yang lambat itu untuk menguatkan plot cerita dan karakter utamanya maisng-masing. Dan kedua bagian itu juga disleingi dengan adegan baku tembak yang menengangkan di mana Guy Rtichie sangat bisa memanfaatkan momen-momen ini yang mmebuat penonton menahan nafas sesaat.


Yang mengejutkan meskipun Jake Gyllhenhall memang bermain bagus, namun dia tidak sendiri. Dar Salim yang memerankan Ahmed paling mencuri perhatian film ini. Lebih-lebih porsinya pada bagian pertama yang sangat berkontribusi membangun emosi penonton. Karakternya yang membawakan ekspresi datar namun penonton bisa membaca bagaimana penderitaan karakter Ahmed di balik ekspresinya yang datar itu. Kemistri antara Dar salim dan Jake Gyllenhall terlihat sangat solid dan berhasil membawa drama film ini. Saking solidnya mungkin kamu tidak akan terlalu memikirkan bagaimana final actnya tidak semassive action di act pertama.


The Covenant mungkin bukan film pertama yang mengangkat tema sejenis, namun Guy Ritchie memastikan film versi dia bisa dimasukan dalam kategori terbaik.

Overall: 9/10


Subscribe to this Blog via Email :