Tuesday, July 18, 2023

ULASAN: HIDDEN STRIKE



Setelah terkatung-katung sekitar setengah dekade karena masalah internal dan eksternal yang berlarut-larut, akhirnya film duo Jackie Chan dan John Cena mendapat titik terang tahun ini setelah mendapat kejelasan jadwl tayang, dan Indonesia salah satunya. Memamng sangat disayangkan film dari duo ikon jika sampai tidak tayang karen masalah-masalah tersebut. Film yang disutradarai oleh Scout Waugh, (sutaradara yang nantinya juga menyutradarai film Expenda4bles) ini sudah cukup mencuri perhatian ketika trailer pertamanya muncul.

Meskipun dari trailer seperti terlihat ada di masa distopia seperti mad max, namun plot cerita sendiri tidak jauh dari masa sekarang. Luo Feng (Jackie Chan) yang memimpin satuan tim pengaman dipercaya untuk mengiring dan menjaga rombongan beberapa bus yang berisi penduduk sipil. Namun di tengah jalan rombongan tersebut disergap dan diculiknya beberapa penduuduk sipil. Belakngan diketahui jika yang diculik salah satunya adalah ilmuwan yang mempunyai peranan penting untuk sebuah perampokan terbesar yang dilakukan penculik. Luo Feng akhirnya mengikuti jejak penculik dan bertemu salah satu komplotan Chris Van Horne (John Cena) yang diperalat unutk melakukan penculik tersebut. Sempat berbeberangan, akhirnya Luo Feng dan Chris pun bekerjasama untuk menyelamatakan ilmuwan dan menggagalkan perampokan terbesar yang direncanakan oleh komplotan pencuri. Berhasil kah mereka?



Memang mengarahkan Jackie Chan jika  filmnya dibikin seperti ini tidak pernah gagal. Dari Rush Hour, Shanghai Noon dan sekarang Hidden Strike. Karena filmnya sendiri juga sudah lama selesai produksinya sempet ada kekhawatiran akan ada gap kemistri antara John Cena dan Jackie Chan. Namun perkiraan saya tersebut salah. Ternyata malah John Cena bisa mengimbangi Jackie Chan. Dengan embel-embel yang katanya mirip Mad Max secara keseluruhan tidak ada yang istimewa dari plot cerita. Kekuatan film ini ada pada duet dari Jackie Chan & John Cena yang benar-benar berhasil. Terkadang memang garing, namun lebih banyak memancing tawa dengan formula komedi miskomunikasi mereka berdua.




Untuk sequence actionnya sendiri, yang kangen ama aksi-aksi kombinasi akrobatik+komedi Jackie Chan yang mulai jarang kita temui di beberapa film terakhir dia, akan kita temui di film ini. Final actnya ketika duel di tengah-tengah busa itu benar-benar sebuah ide kreatif yang efektif. Saya sangat menyukai adegan ini. Secara keseluruhan lebih emberi kepuasan menonton Hiden Strike ini dibandingin film Jackie Chan sebelumnya, Ride On. Dengan segala kekurangannya seperti CGI yang masih sangat kasar, saya  masih benar-benar terhibur dengan Hidden Strike ini. Andai masih ada sequel....



Btw jangan langsung keluar studio pas credit title. Seperti film-film Jackie Chan lainnya, selalu ada bloopers di ending dan ini benar-benar sangat menghibur  Di bloopers ini kita bisa lihat kenapa kemistri Jackie Chan dengan John Cena bisa terasa kuat  di dalam film.

Overall: 7,5/10




Subscribe to this Blog via Email :