Thursday, September 7, 2023

ULASAN: THE NUN 2





Dengan kesuksesan film pertamanya di tahun 2018 lalu, memang hanya menunggu waktu saja untuk sequelnya rilis. Dan setelah 5 tahun muncul sequel dari The Nun yang merupakan film ke-9 dari seri The Cojuring Universe. Teror Valak berlanjut yang mengambil setting 15 tahun sebelum The Conjuring pertama. Tidak seperti Annabelle yang dari 3 film mempunyai cerita berdiri sendiri, untuk The Nun sendiri merupakan sequel langsung dari film pertamanya yang masih dibintangi oleh Taisa Varmiga dan Jonas Bloquet. Sementara sutradara diduduki oleh Michel Chaves yang sudah menyutradarai 2 seri dari The Conjuring Universe. The Nun 2 adalah film ketiganya menyutradarai sinematik horror universe ini.


Berlatar tahun 1956, bermula dari pembunuhan seorang pendeta, Suster Irene (Taissa Farmiga) sekali lagi berhadapan dengan kekuatan jahat yang sangat besar, Valak sang biarawati iblis demi kedamaian hidupnya serta orang-orang di sekitarnya. kali ini Suster Irene tidak lagi ditemani pastor yang mendampinginnya. Ada Suster Debra (Storm Reid) yang ikut membantu penyelidikan sekaligus menemukan Frenchie (Jonas Bloquet) orang dibalik yang membawa Valak ke dunia luas.
Dengan plot cerita yang terasa sangat diada-adakan demi adanya jalan cerita sequel ini bisa dibilang tidak ada yang istimewa pada sequel ini. Durasi total 100 menit banyak cukup dihabiskan untuk pengadeganan horror dengan elemen-elemen jumpscarenya untuk memberi efek teror dan efek kejut pada penonton. Di awal-awal masih berhasil,namun perlahan penonton sudah terbiasa dan bisa mengantisipasi efek teror dan kejut tersebut karena memang repetitif. 


Sama halnya seperti film pertama, elemen investigasi kembali muncul pada film kedua untuk memberi daya plot cerita. Membuat alur cerita terkesan lambat, tapi semuanya untuk sebuah adegan klimaks yang besar pada sequence finalnya yang menjadikan adegan terbaik dari keseluruhan isi film. PenampilanTaisa Farmiga semakin matang sebagai Suster Irene. Perpaduannya dengan Storm Reid memberi energi tersendiri pada penonton yang mulai kehilangan ketertarikan pada plot ceritanya.


Hadir dengan plot cerita yang didominasi dengan pengadeganan horornya, The Nun 2 bisa dibilang tidak lebih baik dari film pertamanya. Kehadiran Taisa Farmiga dan Storm Reid bisa sedikit memberi daya gigit film ini, namun hanya sebatas itu. Ketika nanti kamu pada taraf sudah bisa mengantisipasi atau kebal dengan setiap adegan-adegan horror pada film ini, mungkin dengan cara pura-pura kaget atau berteriak saat adegan horror itu muncul bisa menjadi salah satu cara menikmati film ini.

Overall: 5/10

Subscribe to this Blog via Email :