Monday, February 12, 2024

REVIEW: FAST CHARLIE




Pierce Brosnan yang tahun ini akan berusia 70 tahun terkenal sebagai actor yang gemar mengeksplorasi berbagai genre tetapi peran yang paling ikonik adalah perannya sebagai James Bond (1995-2002). Fast Charlie adalah film terbarunya setelah kita terakhir melihat dia berperan sebagai Doctor Fate di film Black Adam (2022). Fast Charlie disutradarai oleh Phillip Noyce (The Giver - 2014, Salt - 2010, dan Catch a Fire – 2006). Selain Pierce Brosnan, para cast lain di antaranya Morena Baccarin, James Caan, Gbenga Akinnagbe, dan Christopher Matthew Cook turut meramaikan film ini. Fast Charlie adalah film terakhir James Caan, sebelum dia mengembuskan napas terakhirnya pada Juli 2022. Cerita Fast Charlie dibuat berdasarkan novel berjudul Gun Monkeys karya Victor Gischler, Film ini ditayangkan perdana di Festival Film Mill Valley 2023 pada 7 Oktober 2023 dan juga dirilis di bioskop secara terbatas dan video on demand.


Charlie Swift (Pierce Brosnan) alias Fast Charlie adalah fixer/ hitman gembong mafia yang tugasnya membereskan masalah apapun itu bentuknya. Suatu Ketika Charlie menjalankan misi yang tidak berjalan baik. Dia menghabisi seorang target, Rollo, yang memegang bukti CD penting tapi sang targetnya kehilangan kepalanya. Dan dia harus bisa membuktikan bahwa itu adalah target yang dituju kepada orang yang membayarnya untuk membunuh - mafia terbesar dan paling kejam di New Orleans, Beggar Mercado (Gbenga Akinnagbe). Charlie menemui Marcie Kramer (Morena Baccarin), mantan istri korban dan seorang wanita keahlian yang dibutuhkan Charlie yang juga memiliki kepentingan terhadap peristiwa tersebut. Pengkhianatan tidak terduga kemudian dilakukan oleh Beggar yang ingin menguasai wilayah Biloxi, Mississippi. Bos Charlie, Stan (James Caan), diceritakan ikut menjadi korban beserta seluruh kelompoknya sehingga hanya tersisa Charlie yang selamat. Charlie pun tak bisa tinggal diam dan berencana melancarkan serangan balik. Menyadari bahwa ia adalah target selanjutnya, Charlie melarikan diri bersama Marcie. Berpacu dengan waktu, Charlie perlu mencari bukti yang dapat menjatuhkan Beggar.


Fast Charlie secara cerita cukup solid dan mengalir, walau hanya 90 menit tapi film ini sanggup menonjolkan poin-poin penting ceritanya tanpa kehilangan esensinya sama sekali. Fast Charlie bukan tipikal film dengan banyak koreografi aksi tapi yang lebih ditekankan adalah cerita dan bagaimana cara Charlie menyelesaikan masalah dan mencapai tujuannya. Nuansa Dark Comedy cukup kental dan dapat dijumpai sepanjang film dan kita akan dikejutkan dengan dua adegan pembuka terkait kematian yang cukup brutal di awal film. Vibe lingkungan organisasi mafia dibangun dengan baik sehingga memberi kita gambaran bagaimana posisi Charlie, hubungannya dengan Stan dan para koleganya. 


Pierce Brosnan tampil dengan aksinya yang masih memukau sebagai aktor senior, kepiawaian dan ketenangannya dalam mengatasi konflik membuat kisah film ini menarik untuk diikuti. Background Baccarin dan karakternya dieksplorasi dengan baik sehingga terasa tidak satu dimensi saja, ada percikan romansa tipis-tipis yang membuat kita merasa penasaran sekaligus rooting ke karakter Charlie dan Mercie. Penyelesaian konfliknya terbilang cukup cepat mungkin terkendala running time film ini juga. Konklusinya walau agak sedikit tidak tertebak tapi memberikan penutup yang memorable untuk film ini.


Fast Charlie walau premis ceritanya sudah sering diulang dan walau berdasarkan cerita novel tapi adaptasi filmnya cukup menarik, salah satu faktor utamanya menurut saya ada di dinamika dan chemistry Brosnan dan Baccarin. Keintiman mereka dibangun dari dialog, interaksi, dan gesture mereka yang saling melengkapi satu sama lain, tidak berupaya mendominasi. Mereka mampu memberi gambaran pasangan yang saling membutuhkan dan membantu satu sama lain. Kalau bukan mereka cast utamanya tentu hasilnya akan lain. Kita mungkin telah melihat banyak film berkisah soal pembunuh bayaran senior yang ingin pensiun ke kehidupan yang lebih damai, namun berkat pesona dan kharisma Brosnan dan kisah cinta yang disajikan secara halus sepanjang cerita, film ini bisa jadi variasi buat anda yang suka cerita action seputar dunia mafia dan

Overall Score : 8/10

Subscribe to this Blog via Email :