Thursday, May 23, 2013

7 SUPERHERO INDONESIA YANG INGIN KAMU LIHAT DI LAYAR LEBAR



Saat ini seperti Penggila Film tahu perfilman hollywood sedang di invasi oleh film-film bertema superhero. Terhitung sejak awal-awal tahun 2000 yang dimulai oleh Spider-man dan X-men, selalu ada film bertema superhero yang diangkat dari komik release setiap tahunnya. Bukan hanya berimbas para penonton di hollywood sana, seluruh Penggila Film dibelahan dunia lainnya juga kena imbasnya termasuk Indonesia sendiri. Melihat tren film superhero yang ditampilkan oleh Marvel dan DC Comics, film superhero yang diangkat dari komik ini kecil kemungkinan sepi penonton dan tetap menjadi magnet pengeruk keuntungan laba studio film, minimal dalam 1 dekade kedepan trend ini akan tetap berlanjut.



Melihat trend film bertema superhero yang menukik keatas seperti itu di Hollywood sana, coba Penggila Film melihat kebelakang, dan ingat-ingat kembali, adakah Superhero asli dari Indonesia yang Penggila Film kenal ?. Seperti Gundala, Godam, Gunturgen, Aquanus, Kapten Mlar, Kalong dan masih banyak lagi . Lalu jika karakter-karakter ini diangkat ke layar lebar apakah bisa mengikuti kesuksesan superhero-superhero Hollywood sana yang tidak hanya merajai di negerinya sendiri, tapi dibelahan dunia lainnya. Ya untuk awalnya merajai negeri sendiri dulu deh. Jika melihat perkembangan teknologi dan trend tentu saja kesempatan itu terbuka lebar ( diluar ngomogin bujet ). Terlebih bisa dibilang memproduksi film action dengan karakter utama seorang superhero masih tergolong baru digenre perfilman layar lebar kita ( Ya, sineas kita sudah pernah mengangkat Gundala ke layar lebar, tapi itu 31 tahun yang lalu ). Penggila Film semuanya mari kita berharap yang amat sangat dan berdoa akan ada dalam beberapa tahun kedepan salah satu PH di negeri  kita atau malah mau mengangkat karakter-karakter superhero Indonesia ini ke layar lebar. So, dari banyaknya karakter superhero asli Indonesia, penggilafilm.com coba merangkum 7 karakter superhero yang berpotensi menarik banyak Penggila Film untuk menonton filmnya di layar lebar. 7 superhero yang ada dalam list ini adalah hasil survey dari beberapa Penggila Film yang memberikan pendapatnya dan akhirnya 7 superhero ini ada dalam posisi 7 teratas. Siapa saja 7 superhero itu ?.
..
1. GUNDALA PUTRA PETIR


Ketika penggilafilm.com kepikiran membuat artikel ini, nama Gundala Putra Petir superhero pertama yang melintas dalam kepala. Walaupun sudah pernah dibikin film 31 tahun yang lalu, tapi rasanya tidak akan ada fanboy superhero yang satu ini akan merasa keberatan jika ada produser dan sineas lokal kita kembali mereebot filmnya dengan setting abad ke 21 ini. Beberapa tahun lalu sempat heboh dengan munculnya seperti poster official yang mengindikasikan film ini akan release, tapi sayang ternyata itu hanya karya fanmade. Gundala adalah tokoh komik ciptaan Hasmi yang muncul pertama kali dalam komik Gundala Putra Petir pada tahun 1969.Dengan identitas seorang ilmuwan bernama Sancaka yang mendapatkan kekuatan dari raja petir bernama Kaisar Kronz. Kekuatan Gundala antara bisa mengeluarkan petir dari dari telapak tangannya dan berlari secepat angin. Seeperti superhero-superhero kebanyakan, Gundala juga mempunyai love interest bernama Minarti dan musuh bebuyutan bernama Ghazul.

Role Model :
Guntur Soeharjanto ( Director )
Vino G. Bastian as Sancaka ( Gundala Putra Petir )
Marsha Timothy as Minarti.
Ray Sahetaphy as Ghazul



2. GODAM


Godam adalah superhero hasil karya Wid NS yang juga muncul pertama kali pada tahun 1969. Awang nama dari alter ego Godam adalah seorang pekerja lepas yang profesinya tak menentu dan tak punya keahlian khusus. Awang yang memiliki kepribadian yang luhur dan inilah faktor utama ia dipercaya oleh seorang makhluk gaib bernama Bapak Kebenaran. Olehnya Awang diberi sebuah cincin yang bilamana dikenakan, akan membuat Awang beralih rupa menjadi orang sakti: Godam ( Sedikit mengingatkan dengan Green Lantern tapi dengan beda kekuatan ). Kekuatan Godam antara lain bisa terbang dan kebal terhadap semua senjata apapun ( Ya, kali ini mengingatkan kita pada Superman ). Sedangkan musuh-musuh yang dihadapi  Godam cukup beragam, mulai dari alien, robot-robot raksasa hingga makhluk mistis yang bernama " Roh Setan " yang juga menjadi salah satu musuh bebuyutan Godam.
Role Model :

Hanung Bramantyo ( Director )
Joe Taslim as Awang ( Godam )
Andvent Bangun as Roh Setan


3. CAROQ


Dari 7 list superhero Indonesia yang penggilafilm.com susun ini, mungkin Caroq adalah yang sangat minim spesial efek dibandingkan superhero-superhero lain jika dibuat versi filmnya. So, jika ada produser-produser lokal ada yang tertarik memproduksi film superhero dengan bujet tidak yang besar karena spesial efek, Caroq bisa dijadikan acuan pertama. Caroq adalah karakter hasil ciptaan Ahmad Thoriq yang pertama kali muncul tahun 1992. Caroq jauh lebih terasa kental akan Indonesia dilihat dari kostum hingga senjata. Caroq bisa dibandingkan dengan superhero jalanan seperti Daredevil dan Punisher milik Marvel yang sama-sama tidak mempunyai kekuatan super luar biasa seperti superhero, ilmu beladiri dan intelegensi menjadi kekuatan utama. Caroq yang bernama asli Ongko ini hanyalah supir taksi yang karena sebuah peristiwa membuatnya berubah menjadi penegak keadilan jalanan. Dan Caroq pun mempunyai musush bebuyutan yang tak kalah tangguh Si Tangan Empat dan Si Bengis.
Role Model :

Gareth Evans ( Director )
Iko Uwais as Ongko ( Caroq )
Yayan Ruhian as Si Bengis
Donny Alamsyah as Si Tangan Empat

4. PANJI MANUSIA MILLENIUM


Untuk Penggila Film generasi 90an sudah pasti sangat mengenal superhero Indonesia yang satu ini. Superhero yang mendapatkan kekuatannnya dari gelang super buatan seorang professor ini dimainkan oleh Primus Yustisio berperan sebagai Panji, lalu mempunyai love interest bernama Nadya ( Tia Ivanka ). Mereka berdua mengurus sebuah panti asuhan dan ketika Panji mendapat amanat dari prosfessor untuk menggunakan gelang hasil ciptaanya untuk memerangi kejahatan, maka dimulai lah Panji menggunakan identitas Manusia Millenium. Dan Panji mempunyai musuh-musuh bebuyutan yang sangat melekat di ingatan penonton seperti Donclo, Nina Bobo, Si Muka Rusak dan Dorris. Jika sinetron kembali dihidupkan lagi dalam layar lebar, prediksi penggilafilm.com " Panji Manusia Millenium " akan banyak membawa antusiasme buat kalangan generasi 90 untuk berbondong-bondong ke bioskop serta mengenalkan pada generasi 2000 keatas.

Role Model :

Primus Yustisio ( Sutradara )
Adipati Dolken as Panji ( Manusia Millenium )
Maudy Ayunda as Nadya
Denny Sumargo as Donclo
Raline Shah as Nina Bobo

5. GUNTURGEN ( SUKMA HALILINTAR )


Jika dilihat sekilas bentuk fisik dan kostum yang dia pakai sedikit mengingatkan kita pada karakter Nightwing dari DC Comics, tapi hanya sekedar itu, selebihnya Gunturgen sangat berbeda jauh dengan Nightwing. Gunturgen yang mempunyai identitas asli bernama Cakra ini adalah keturunan seorang ayah pertapa sakti. Gunturgen mempunyai kekuatan yang sama seperti Gundala, lari secepat kilat dan ketika dalam keadaan terdesak bisa mengeluarkan petir.

Role Model :

Awi Suryadi ( Director )
Abimana Aryasatya as Cakra ( Gunturgen )
Alex Komang as Ayah Cakra


6. VOLT


Inilah superhero termuda yang ada dalam list ini. Pertama kali muncul Maret 2012 dalam acara Toys Fairs ini adalah hasil ciptaan 2 orang komikus Marcellino Lefrandt dan Aswin Siregar. VOLT sendiri menceritakan tentang seorang anak bernama Ruben yang secara tidak sengaja membangkitkan kembali kekuatan putih yang bermanifestasi menjadi sosok jagoan sesuai dengan imajinasi Ruben. Sampai saat ini komiknya sendiri sudah admin penggilafilm.com punya sudah ada 5 volume dan masih ada lanjutannya. So, mumpung masih beredar sebaiknya cepetan serbu toko buku terdekat untuk mendapat komiknya. Kabar baiknya jika menilik dari kometar-komentar Macellino sendiri, ada kemungkinan superhero karya dia ini akan diangkat dalam versi live action. Tentunya sebuah kabar yang sangat Penggila Film tunggu realisasinya. Terlebih jika patokannya isi komik, film ini akan sangat banyak adegan action dengan full special effect.

Role Model :

Rizal Mantovani ( Director )
Brandon IMB as Ruben
Marcellino Lefrandt as Volt

7. HEBRING


" Latar belakang cerita Hebring tidak muluk-muluk seperti cerita Superman yang datang dari planet lain. Nama asli Hebring adalah Heru, yang berasal dari Tasikmalaya. Pada suatu hari, ia menemukan baju super di luar desanya. Di dalam kotak baju super itu, terdapat manual book. Namun Hebring tak menghiraukan manual book itu, ia kemudian membuangnya.

Ternyata, baju super tersebut dapat menunjuang harapan Hebring yang terbesar, yaitu menolong orang lain. Dengan baju tersebut, Hebring pergi ke Jakarta untuk mencari kakaknya. Di ibukota, Hebring bekerja sebagai tukang ojek.

Main Studios memperlihatkan video animasi Hebring di acara GeekFest di Sasana Budaya Ganesa, yang digelar selama 2 hari pada 31 Maret dan 1 April 2012.

"Hebring itu artinya hebat, dalam bahasa Sunda," kata salah seorang pendiri Main Studios Marlin Sugama.

Petualangan Hebring di Jakarta semakin seru ketika ia bertemu Mimin seorang ahli komputer dengan otak jenius, yang selalu menolong Hebring. Kemudian, Hebring dan Mimin pun bertemu dengan Nada, seorang mahasiswi asal Jawa Tengah. Ternyata, Nada juga memiliki baju super pemberian mendiang ibunya. Ketiganya pun menjadi rekanan dalam menumpas kejahatan di ibukota "

Begitulah sedikit basic cerita Hebring. Dari premis cerita yang sederhana tapi cukup menarik, apalagi cerita dibawa degan balutan komedi yang berpotensi membawa penonton yang lebih banyak lagi jika dapat dieksekusi dengan sangat tepat. Kapan lagi bisa nonton film Kabayan dengan versi superhero begini

Role Model :


Dennis Adishwara ( Director )
Dennis Adishwara as Heru ( Hebring )
Ringgo Agus Rahman as Mimin
Jullie Estelle as Nada


Itulah 7 superhero hasil rangkuman dari penggilafilm.com yang sangat ingin Penggila Film lainnya lihat dalam versi live action. Dengan perkembangan teknologi dan makin beragamnya genre yang sudah diproduksi oleh sineas-sineas lokal kita, tentunya kita bisa sedikit berharapa akan adanya salah satu karakter superhero lokal yang bisa diangkat ke layar lebar. Just wait and see...

Subscribe to this Blog via Email :

10 komentar

Write komentar
dimas maulana
AUTHOR
July 22, 2015 at 7:05 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
dimas maulana
AUTHOR
July 22, 2015 at 7:06 PM delete

Alex Komang udah meninggal

Reply
avatar
August 11, 2015 at 4:57 AM delete

wah keren... ternyata banyak juga superhero indonesia...

Reply
avatar
June 10, 2016 at 1:08 AM delete

Penampilan caroq aku suka....kalau aja ada filem.nya....

Reply
avatar
June 10, 2016 at 1:09 AM delete

Penampilan caroq aku suka....kalau aja ada filem.nya....

Reply
avatar
Narayana 734
AUTHOR
June 28, 2016 at 2:11 PM delete

Mudah2an segera terrealisasi

Reply
avatar
Bagus Amartya
AUTHOR
June 30, 2016 at 11:25 PM delete

Caroq mirip ama winter soldier....

Reply
avatar
Bagus Amartya
AUTHOR
June 30, 2016 at 11:25 PM delete

Caroq mirip ama winter soldier....

Reply
avatar
pandu winekas
AUTHOR
July 21, 2016 at 3:39 PM delete

Maaf bukannya pesimis, tapi dari beberapa superhero di atas ada yg jelas2 mencuri ide dr dc maupun marvel cth: gundala=flash,godam=superman trus ada lg aquanos=aquaman mending kalo yg jelas2 ga orisinil di black list aja ga kreatif

Reply
avatar