Wednesday, March 19, 2014

ULASAN : THE MONUMENTS MEN





The Monuments Men adalah film kelima George Clooney sebagai sutradara, dan untuk kesekian kalinya kembali bekerja sama dengan Matt Damon ( Trilogy Ocean Eleven, Syriana, Confession Of a Dangerous Mind ). Film yang diangkat dari kisah nyata tentang satu tim yang diisi oleh para pekerja dan pengamat seniman yang harus terjun ke tengah perang pada masa perang dunia kedua untuk menyelamatkan karya-karya seni bernilai tinggi yang dicuri oleh Nazi.





Nama George Clooney sepertinya menjadi magnet tersendiri kenapa banyak aktor kawakan yang terlibat film ini yang bisa membuat para penonton tidak akan mengambil pikiran panjang lagi untuk memutuskan menonton film ini di bioskopjikal melihat jajaran nama castnya yang diantaranya ada Matt Damon ( Bourne Trilogy, Green Zone ), Bill Murray ( Ghostbuster, Moonrise Kingdom ) John Goodman ( Argo, Monster University ), Jean Dujardin ( The Artist ) dan actress kesayangan sejuta umat Cate Blanchett yang baru saja menyabet penghargaan oscar kedua kalinya sebagai the best actress lewat film Blue Jasmine.



Oke, jika cast sudah sangat menjanjikan dan diarahi oleh sutradara yang di empat film sebelumnya selalu mendapat respon yang positif jadi tidak salah jika penonton berekspetasi lebih pada film ini. Film yang naskahnya dikerjakan sendiri oleh George Clooney dan dibantu Grant Heslov ( The Ides of March, Good Night, Good Luck ). Dengan durasi film yang hampir 2 jam, film ini sama sekali tidak ingin menghabiskan waktu memberi latar belakang untuk karakter-karakternya yang menjadikan penonton tidak mengenali tokoh-tokoh yang ada dalam film ini. Sangat disayangkan kita hanya melihat Bill Murray dan John Goodman seperti hanya menghabiskan waktu di film ini, yang jika peran mereka diberikan aktor lainpun tidak akan masalah, termasuk karakter Matt Damon  yang memerankan karakter James Granger.



The Monumetns Men bukanlah film buruk, bahkan terlihat luar biasa dengan  Pantai Normandy yang ketika melihatnya hampir tidak ada bedanya dengan Pantai Normandy yang ada di film Saving Private Ryan , Paris , Belgia dengan hutan tertutup salju , kastil dan katedral megah. Tapi dengan ensemble cast yang dihadirkan, yang seharusnya bisa mereka berikan, sayang tidak didukung skenario yang solid dan terburu-burunya dalam alur cerita yang menjadikan film ini tidak terlalu meninggalkan kesan untuk para penonton.

Subscribe to this Blog via Email :