Monday, June 15, 2015

ULASAN : POLTERGEIST



33 Tahun jeda waktu yang dibutuhkan yang akhirnya terlahir remake dari film horror Poltergeist. Salah satu film horror terbaik ini yang merupakan hasil salah satu kreasi Stephen Spielberg dibangkit kembali. Ada nama Sam Raimi sebagai salah satu produsernya, lalu Gil Kenan ditujuk sebagai sutradara yang sudah pernah terlebih dahulu pernah menyutradarai rumah menyeramkan dalam Monster House. Untu cast sendiri ada nama Sam Rockwell ( Moon, Iron Man 2 ) sebagai salah satu pemeran utamanya. Setidaknya dari 3 nama orang diatas, remake ini terasa menjajikan, terlebih setelah trailer pertamanya release. Sambutan baik dari penontonpun didapatkan.




Remake Poltergeist sendiri tidak mengalami perubahan dengan flm originalnya. Menceritakan satu keluarga yang baru saja pindah ke rumah baru yang tidak mengetahui latar belakang rumah tersebut. Didasri dengan harga murah sepasang suami istri Eric Bowen ( Sam Rockwell ) dan Amy Bowen ( Rosemarry Dewitt ) tanpa berpikir panjang membeli rumah tersebut dengan ketiga anaknya, Kendra Bowen ( Saxon Sharbino ), Griffin Bowen ( Kyle Catlett ) dan Madison Bowen ( Kennedi Clements ). Griffin Bowen anak kedua dari keluarga Bowen yang pertama kali sudah merasatkan firasat buruk tentang rumah baru mereka. Tidak butuh waktu lama firasat buruk itu terbukti dalam beberapa malam mereka tinggal disana. Puncaknya dalah ketika si bungsu, Madison Bowen menghilang ke alam lain yang tidak bisa dimengerti oleh logika.





Mengetahui kejadian tersebut tidak bisa diterima oleh akal, pasangan Bowen memilih meminta bantuan kepada kelompok tim ivestigasi paranormal yang dipimpin oleh Dr. Brooke Powell. Setelah mengadakan investigasi di rumah tersebut, Dr. Brooke menyadari situasi yang mereka hadapi jauh melebih perkiraan dan sangat terpaksa meinta bantuan suaminya Carrigan Burke ( Jared Harris ) yang jauh lebih berpengalaman menghadapi hal berbahaya seperti ini. Dan dmulai lah tari-menarik dalam penyalamatan Madsion Bowen di dunia lain.






Seperti yang sudah disebutkan diatas, tidak banyak yang perubahan versi remake ini dengan film originalnya. Film ini masih memakai plot originalnya. Tetapi hal itu pula yang menjadi kelemahan dari film ini sendiri. Tiadanya perubahan yang memakai unsur horror tahun 80an, remake ini justru sangat terasa kering akan nuansa horror itu sendiri. Komedi yang disisipkan dalam filmnya memang memancing penonton untuk tertawa, terlebih setelah kemunculan Carrigan Burke ang ditampilkan dengan cara komikal oleh Jared Harris, membuat kita sesaat seperti menonton film komedi dari pada film horror. Ya untuk beberapa adegan tipikal film horror masih mampu membuat penonton menutup sesaat, tetapi hanya itu saja. Jika kamu merasa tidak masalah dengan hal itu maka remake bisa kamu masukan dalam list tontonan kamu. Sebuah remake yang masih setia akan versi originalnya, tapi sayang terasa hambar akan horrornya.

Subscribe to this Blog via Email :