Wednesday, October 28, 2015

PERESMIAN MEDIA CENTER FFI 2015





Jakarta, 27 Oktober 2015 – Panitia festival Film Indonesia ( FFI )2015 bersama dengan Badan Perfilman Indonesia ( BPI ) dan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan meresmikan media center yang berlokasi di Gedung C, kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan


Ketua Panitia FFI 2015 Olga Lydia mengatakan bahwa media center ini disiapkan selain untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan FFI2015, juga untuk memfasilitasi rekan-rekan media yang ingin mencari informasi seputar kegiatan FFI 2015.

Olga Lydia mengungkapkan “ Wartawan dapat memperoleh update berita. Selain itu uga media center akan diadakan diskusi-diskusi dengan narasumber seperti Pantia FFI 2015, aktor, aktris, sutradara, dan kritikus film,”. Sampai saat ini, Festival sudah memasuki tahap penjurian. Sampai dengan ditutupnya pendaftaran pada 15 Oktober 2015, sudah ada lebih dari 200 film yang masuk sebagai peserta FFI 2015. “ Sudah ada 18 film animasi, 63 film bioskop, 11 film dokumenter panjang, 53 film dokumenter, 116 film pendek fiksi dan 19 film televisi yang masuk menjadi peserta FFI 2015,” ujar Olga.



“ Penjurian dilakukan oleh 100 dewan juri yang memberikan penilaian lewat online voting, tanpa saling bertemu,” lanjut Olga. Selain itu, Olga Lydia juga menjelaskan bahwa hasil dari online voting akan diserahkan kepada pihak ke-3, yaitu Deloitte. Deleoitte adalah salah satu akuntan publik independen dan bertaraf internasional. Lebih lanjut Olga menjelaskan, yang bisa menjadi juri adalah mereka yang pernah mendapatkan Piala Citra atau yang berprestasi di bidangnya dan diutamakan yang tidak memiliki film di tahun ini.



Tak hanya mengubah sistim penjurian, kedepannya FFI juga akan mengambil tema khusus yang berbeda setiap tahunnya. Tema ini merupakan atribusi pada dunia perfilman, baik insannya maupun karyanya. Tahun ini ada sesi khusus untuk Teguh Karya, yang kebetulan juga kelahiran Pandeglang, Banten, provinsi yang menjadi tuan rumah FFI2015. Teguh Karya sendiri dikenal sebagai sineas film yang mengawali karier dari teater. Maka dari itu, tema yang akan diambil untuk tahun ini adalah “ Film dan Teater “.

Terkait dengan FFI 2015, akan ada penandatanganan perjanjian kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Pemerintah Daerah Banten yang akan diselenggarakan pada 30 Oktober 2015 di Pendopo Serang, Banten. Kemudian pada tanggal 12 November 2015 akan diumumkan nominasi FFI 2015 di La Moda Cafe, Plaza Indonesia. Lalu malam puncak FFI 2015 akan diselenggarakan pada tanggal 23 November 20155 di Indonesia Convention Extibition, Tangerang.



Kita lihat bagaimana hasil perombakan panitia FFI tahun ini. Semoga hasil negatif di beberapa sektor dipenyelenggaraan tahun FFI tahun lalu tidak kembali terulang dan dapat ditutupi tahun ini.









Subscribe to this Blog via Email :