Thursday, October 1, 2015

ULASAN : VETERAN






Tema cerita yang konflik utamanya adalah perseteruan tentang 2 karakter utamanya adalah bukan hal yang baru lagi untuk perfilman Korea Selatan. Beberapa yang sangat kita kenal ada Oldboy, I Saw The Devil atau The Chaser ( Ketiga film itu kecuali Oldboy, akan dibuat versi remakenya oleh Hollywod ). Dan tema perseteruan 2 karakter utama itu jugalah yang coba ditawarkan oleh “ Vateran “ dengan bumbu komedi yang disutradarai oleh Ryoo Seung-Wan yang kita kenal lewat The City Of Violence dan The Berlin File dan dibintangi oleh Hwang Jung-min ( A Man Who Was Superman, New World, Ode To My Father ) dan lawan mainnya Yoo Ah-in ( Punch, Though As Iron ).




Dengan sebuah opening yang sudah mengocok perut penonton, Veteran menceritakan seorang polisi detective bernama Do-Cheol yang sangat memegang teguh prinsipnya sebagai penegak keadilan yang tidak pandang bulu, sampai akhirnya Do-Cheol ditawari oleh stasiun tv swasta untuk menjadi konsultan sebuah program baru yang mengangkat tema detectivesebagai konsep ceritanya. Disanalah Do-Cheol diperkenalkan dengan Jo Tae-Oh ( Yoo Ah-In ). Pewaris generasi ketiga konglomerasi yang sangat berpengaruh, Sinjin Corp. Dari perkenalan pertama yang sangat berkesan buruk, dimulai lah perseteruan panjang Do-Cheol dan Jo Tae-Oh, ketika Do-Cheol menyelidiki kasus percobaan bunuh diri seorang temannya yang ternyata mengarahan Jo Tae-Oh sebagai tersangka utamanya. Menggunakan kekuasaan dan koneksinya sebagai seorang milyuner, Jo Tae-Oh terus mencoba menjegal usaha keras Do-Cheol mengungkapkan kasus percobaan bunuh diri tersebut yang ditutup dengan adegan final yang akan membuat penonton memberiakn aplause puas untuk 2 jam lebih yang sudah ditampilkan fim ini.



Jika kamu sangat menyukai dan rindu dengan film-film polisi seperti Bad Boys dan Baverly Hills Cop, rasanya Veteran bisa dijadikan acuan utama sebagai tontonan selanjutnya. Mengkombinasikan action dan komedi dengan plot cerita yang sangat menarik yang ada dalam 2 film hollywood juga bisa ditemui dalam Veteran . Hwang Jung-Min adalah bintang pertunjukan dalam film ini dan juga sekaligus nyawanya, seakan karakter Do-Cheol memang tercipta untuknya.



Dengan tema film sejenis, nyaris tidak ada sesuatu yang baru dari “ Veteran “. Film ini seakan hadir untuk pengobat rindu bagi penggemar film tahun 80-90an yang saat itu hadir dengan Lethal Weapon, Die Hard, Baverly Hills Cop atau Bad Boys. Polisi jujur yang haru menempuh jalur diluar hukum untuk memerangi kejahatan.



Subscribe to this Blog via Email :