Wednesday, August 31, 2016

ULASAN: DON'T BREATHE (2016)

​Setelah sedikit kecewa dengan Lights Out, baca reviewnya disini. Saya mencoba menonton film bergenre thriller, horror suspense, Don't Breathe.
Dimulai dari pinggiran kota Detroit yang cukup tak beruntung dari kota lainya di Amerika, tiga orang yang tampak masih remaja memiliki profesi sebagai pencuri rumahan. Rocky (Jane Levy) yang karena terpaksa harus mencuri sehingga ia dapat keluar dari lingkungan yang tidak baik bagi adiknya, pergi jauh dari ibu yang tidak memperhatikan mereka. Kemuadian ada Alex (Dylan Minnette), yang ayahnya memiliki perusahaan keamanan rumah dan memanfaatkannya mencuri kode alarm pelanggan untuk membantu Rocky, namun tampaknya Alex ada rasa suka kepada Rocky. Yang ketiga adalah pacar Rocky, Money(Daniel Zovatto), preman wannabe yang mementingkan uang dan ceroboh.
Ketiganya berangkat untuk merampok Veteran Buta yang diperankan Stephen Lang yang dikabarkan memiliki beberapa bundel uang tunai yang tersembunyi di rumahnya, hasil dari beberapa penyelesaian hukum beberapa waktu lalu. Ketika Alex mengungkapkan keengganannya merampok orang buta, Money mengatakan, "Hanya karena dia buta tidak berarti dia suci, bro.".
Kecerobohan mereka memilih rumah si Veteran Buta terbukti menjadi lawan yang lebih tangguh.
Well, dari adegan pembukaan, entah ini hal sembrono yang diberikan oleh sang sutradara Fede Alvarez memberikan spoiler karakter utama tidak akan mati untuk sebagian besar dari film berating R ini. Namun itu semua dibayar dengan ketegangan yang intens dan ketidakpastian tentang apa yang akan terjadi selanjutnya. Beberapa adegan tidak seperti standar horor, tidak hanya intens, tapi sangat kreatif. Meskipun tidak seharusnya saya tersenyum di film horor yang tidak dimaksudkan untuk menjadi lucu.
Si Veteran Buta tidak memiliki kepekaan indra yang super atau ajaib. Dia pria biasa yang tidak membiarkan kebutaaan menghentikannya. Lang cukup hebat. Walaupun buta tapi sangat tangguh, sama halnya dengan karakternya di film Avatar, yang membuat Don't Breathe begitu mengerikan.
Tidak, film ini tidak akan menahan napas anda, tetapi film ini adalah nafas segar film thriller. Saya cukup mengapresiasi beberapa sutradara luar Amerika Serikat selain Fede Alvarez yang berkebangsaan Uruguay adalah sutradara The Shallows, Jaume Collet-Serra. Bisa baca reviewnya disini.
Dan seperti kebanyakan genre serupa, saya rasa akan film ini akan mendulang box office. Sehingga sekuel dapat saja mungkin terjadi.
Review oleh Pasko

Subscribe to this Blog via Email :