Sunday, September 11, 2016

PANITIA FFI 2016 PASTIKAN INDEPENDENSI JURI





Festival Film Indonesia (FFI), ajang penghargaan tertinggi di Indonesia, kembali akan digelar tahun ini. Pendaftaran untuk film bioskop dan non bioskop mulai tanggal 1 September sampai 20 September. Ubtuk memastikan independensi penjurian dan meningkatkan kualitas festival, panita mengajak sebanyak mungkin semua pemangku kepentingan untuk ikut serta, mulai dari asosiasi profesi, nominee tahun sebelumnya, hingga akuntan kantor publik yang aan menghitung hasil voting.



Lukman Sardi sebagai Panitia Ketua FFI 2016 mengatakan panitia melibatkan asosiasi-asosiasi pekerja film dalam proses penjurian. Sementara Olga Lydia, Ketua Bidang Penjurian FFI 2016, mengatakan penjurian untuk film bioskop dibagi dalam beberapa tahap. Tahap pertama, untuk pertama kalinya Panitia FFI akan melibatkan asosiasi profesi, yang akan memilih 15 film terbaik/kategori. Sesuai dengan profesinya masing-masing.



Di tahap kedua, masing-masing juri yang terlibat akan mendaptakan kirimn info berisi panduan untuk dapat menonton 15 film terbaik/kategori secara streaming, beserta username beserta password untuk dapat menonton. Dan tahap selanjutnya hasil voting kan dikirim ke akuntan publik yang ditunjk oleh panitia FFI untuk diverikasi.



Sementara itu , pendaftaran untuk film non bioskop dilakukan dalam dua tahap. Film non bioskop terbagi dari empat kategori, diantaranya film pendek, film dokumenter pendek, film dokumenter panjang dan film animasi. Tahap pertama penjurian akan dilakukan oleh Panel Dewan Juri untuk menentukan lima film dalam setiap kategori ini yang masuk nominasi. Selanjutnya dewan juri berjumlah 100 orang ditambah dengan FFI Lifetime Member akan diberikan password dan username untuk menonton lima film tersebut secara streaming dan memilih film terbaik secara voting, hasil voting juga akan ditabulasi oleh kantor akuntan publik yang independen.


Olga Lydia memastikan para dewan juri yang ikut serta akan melaksanakan tugasnya dengan independen. Dipilih dengan seksama yang memiliki kredibilitas baik dalam bidang profesinya dan hampir semua sedang tidak memiliki film yang ikut kompetisi.



21 Kategori Penghargaan Anugerah FFI 2016 


1. Film Terbaik

2. Sutradara Terbaik

3. Penulis Skenario Adaptasi Terbaik

4. Penulis Skenario Terbaik

5. Pengarah Sinematografi Terbaik

6. Pengarah Artistik Terbaik

7. Penata Efek Visual Terbaik

8. Penyunting Gambar Terbaik

9. Penata Suara Terbaik

10. Penata Musik Terbaik

11. Soundtrack Terbaik

12. Perancang Busana Terbaik

13. Pemeran Utama Pria Terbaik

14. Pemeran Utama Wanita Terbaik

15. Pemeran Pendukung Pria Terbaik

16. Pemeran Pendukung Wanita Terbaik

17. Pemeran Anak Terbaik

18. Film Pendek Terbaik

19. Film Animasi Pendek Terbaik

20. Film Dokumenter Panjang Terbaik

21. Film Dokumenter Pendek Terbaik

Subscribe to this Blog via Email :