Friday, April 14, 2017

ULASAN: FAST AND FURIOUS 8





F. Gary Gray punya beban berat untuk melanjutkan seri Fast and Furious dari Universal Pictures. Terlebih Fast and Furious adalah salah satu franchise film yang menyenangkan untuk diikuti, bukan hanya karena adegan kejar-kejaran mobil, terlebih Justin Lin dan James Wan yang menyutradarai Fast Furious ke 3-7 menghadirkan ketegangan dalam tiap adegan aksi yang ditampilkan, lalu menimbulkan pertanyaan akankah keseruan itu tetap berlanjut?



Melanjutkan cerita sebelumnya, Dom dan Letty kini sedang berbulan madu di Kuba. Sampai akhirnya masa indah itu diusik oleh wanita misterius yang sanggup memanipulasi Dom untuk membelot dan mengkhianati “keluarga”nya.



Bagian terbaik dari film ini tentu adalah Jason Statham yang memerankan Deckard Shaw. Karakternya dalam seri ke-8 ini lebih jenaka dari seri sebelumnya. Ditambah lagi kehadiran trio keluarga Shaw (Helen Mirren sebagai Ibu dari Deckard dan kembalinya Owen Shaw) memberikan dimensi tersendiri. Belum lagi bromance/frenemy/love-hate-relationship antara Deckard Shaw dan Luke Hobbs.



The Fate of the Furious punya segudang aksi menakjubkan, sayangnya hal fundamental dalam seri ini, yaitu kelurga sedikit terkikis. Mungkin karena hilangnya sosok Dom sebagai pentolan, membuat kekuatan “keluarga” Dom menjadi terlihat pincang dan grasak-grusuk. Entah fungsi Nathalie Emmanuel di film ini apa. Penambah kekuatan keluarga Dom? Saya rasa bukan. Sekadar pemanis? Saya rasa tak dipergunakan demikian. Scott Eastwood masih beruntung karena ia masih mendapat sorotan, itu pun berkat bantuan pancingan tawa oleh karakter yang diperankan oleh Tyrese Gibson (Roman).



Mungkin adalah sebuah kesalahan dengan menjadikan seorang hacker sebagai musuh utama dalam film ini. Cipher, wanita misterius yang diperankan oleh Charlize Theron digambarkan sebagai seorang boogeyman saking sulitnya terlacak identitasnya bahkan dari jaringan internet tak ada jejak sedikitpun. Cipher punya segala kemampuan untuk memanipulasi situasi dari peralatan yang terhubung secara elektrik, lihat saja pada bagian zombie cars yang menakjubkan itu, namun sayangnya Cipher tak (mau) menggunakannya untuk melawan “keluarga” Dom, khususnya ketika adegan kebut-kebutan. Mungkin juga karena kami sudah melihat kehebatan seorang hacker yang mampu menjungkirbalikkan perekonomian dunia dalam TV Series berjudul “Mr. Robot”, hingga Cipher yang digambarkan jenius-radikal itu tak ada apa-apanya dibanding Elliot.


(By Annisa Anugra)

Subscribe to this Blog via Email :