Monday, July 17, 2017

ULASAN: WAR FOR THE PLANET OF THE APES




Layaknya seperti sebuah tradisi, ketika suatu film mendapatkan sequel karena respon positif di film pertamanya dan lalu diikuti film kedua yang sama bagusnya dan berlanjut film ketiga yang biasanya akan menjadi titik terlemah dari sebuah trilogi. Lalu bagaimana seandainya ada film yang justru dapat jauh lebih baik lagi di film ketiganya ?. Tentu itu bukan sesuatu yang mudah. Film sekelas Godfather dan The Dark Knight sekalipun juga sempat tersandung film ketiganya. Tidak banyak yang bisa melampaui prestasi dua filmnya, dari sekian tidak banyak itu ada 'War For The Planet Of Apes' yang bisa masuk dalam kategoti yang sedikit ini.



Pada seri ketiga film Planet of the Apes, Perseteruan kaum kera dengan kelompok manusia semakin memanas, dampak dari apa yang telah terjadi pada akhir film keduanya. Caesar (Andy Serkis) dan kelompoknya terpaksa harus menjalani konflik mematikan dengan sekelompok manusia yang dipimpin oleh Kolonel (Woody Harrelson) yang tidak menerima kata damai dengan kaum kera.



Setelah mengalami kekalahan telak yang mengakibatkan Caesar kehilangan anak, istri dan banyak anggota kelompoknya, Caesar sangat marah dan bersumpah untuk membalas dendam atas kejadian tersebut. Bayang-bayang dirinya akan seperti Koba yang pernah dia bunuh karena penuh dendam yang paling dia hindari perlahan mulai menggorogoti Caesar. Berhasil Caesar membalaskan dendamnya ? atau lebih memilih tidak menjadi seperti Koba ?.  Kedua jawaban itu ada dalam film ketiga ini.


Masih disutradarai oleh Matt Reeves yang menyutradarai film keduanya. Matt Reeves seakan memberi kesempurnaan pada film ketiga ini. Perang bathin dan dampak psikologis yang dihadapi Caesar adalah hal yang paling menarik dalam seri ketiga ini. Tidak hanya itu, Matt Reeves sedikit memberikan sedikit penyegaran, di dua film awal yang sangat menjurus serius yang kering akan komedi, Matt Reeves dengan cerdiknya mengisi kekosongan itu dengan porsi yang sangat pas lewat karakter Bad Ape yang diperankan Steve Zahn yang cukup menarik perhatian sepanjang kemunculannya.


War For The Planet Of The Apes adalah sebuah puzzle penyempurna yang membuatmu tidak pernah menonton film originalnya akan sangat penasaran untuk menonton hasil dari efek ending film ini. 

Subscribe to this Blog via Email :