Thursday, February 1, 2018

ULASAN: DOWNSIZING





Sutradara dan penulis peraih 2 kali peraih adaptasi naskah terbaik di ajang oscars Alexander Payne kembali hadir dengan film terbarunya berjudul 'Downsizing'. Film bergenre drama-fiksi ilmiah berbalut komedi ini dibintangi oleh Matt Damon, Christoph Waltz, Hong Chau, Kristen Wiig dan Jason Sudekis. Dengan jejak rekam Alexander Payne sejak Sideaways (2004), The Descendants (2011) dan Nebraska (2013) yang selalu berbuah respon positif, Downsizing menjadi salah satu film yang sangat ditunggu-tunggu. Terlebih 'Downsizing' rilis disaat film-film berbau award (tayang Desember 2017 di Amerika) tayang semakin meninggikan ekspetasi kita sebagai penonton dan terbesit pendapat jika tahun 2018 nama Alexander Payne akan kembali ikut meramaikan ajang Academy Award yang akan diselenggarakan pada 8 Maret 2018. Lalu apakah ekspetasi penonton berbuah dengan manis ?.



Sebuah penemuan yang akan mengubah takdir manusia baru saja ditemukan oleh seorang ilmuwan dari Norwegia bernama Dr. Jørgen Asbjørnsen. Sang ilmuwan berhasil menemukan bagaimana menyusutkan tubuh manusia sekecil liliput. Pemenemuan ini tentu saja bisa menjadi solusi daya kosumsi manusia yang sudah diambang kritis.



Sementara itu di tempat lain sepasang suami-istri Paul (Matt Damon) dan Audrey Safranek (Kristen Wiig) yang mempunyai banyak tekanan dalam hidupnya, menganggap pengecilan tubuh adalah dunia yang menyenangkan. Keputusan besar yang harus diambil sepasang suami-istri untuk menyusutkan tubuh ini meganggu keharmonisan rumah tangga mereka dan setelah beberapa waktu, Paul menemukan banyak hal yang tak ia duga. Perkenalannya dengan tetangganya yang nyentrik Dusan Mirkovic (Christoph Waltz), lalu dengan Ngoc Lan Tran (Hong Chau)seorang aktivis wanita dari Vietnam yang melarikan diri dari penjara sampai petualangannya ke Norwegia yang merubah sudut pandang Paul dalam melihat kehidupan.



Jika kamu teliti saat melihat trailer 'Downsizing' sebelum menonton filmnya, kita bisa melihat dari trailer yang tidak menampilkan sebuah adegan konflik yang seperti kita lihat di trailer-trailer film lainnya. Dan itu ternyata memang sebuah pertanda, apakah ini bisa dikategorikan spoiler atau tidak, yang pasti yang kamu lihat di trailer hanyalah adegan 30 menit pertama filmnya. Kamu akan tidak akan bisa menebak alur ceritanya dibawa kemana. Lalu apakah durasinya yang 2 jam lebih akan membuang waktumu percuma ? Percayalah durasinya yang mencapai 135 menit jadi tidak terasa karena sangat bermain baiknya aktor-aktor dalam film ini tanpa kita memperdulikan lagi arah ceritanya dibawa kemana. Hong Chau yang berperan sebagai Ngoc Lan Tran adalah yang terbaik dalam film ini. Ketika posisi penonton sama depresinya dengan Paul Safranek ketika menonton menjadi lebih berwarna ketika setiap karakter Ngoc Lan Tran muncul. Tanpa mengesampingkan  peran karakter Christoph Waltz dan Matt Damon, Hong Chau ada pada posisi teratas.


'Downsizing' masih menampilkan ciri khas drama dengan sedikit dibalut komedi satir ini mungkin tidak bisa menyamai tiga film sebelumnya, tetapi dengan karakter-karakter kuat yang ada dalam 'Downsizing' mampu membuat kita melupakan alur cerita yang seperti tidak mempunyai ujung. Saran saya untuk kamu yang ingin menonton film ini, jangan terlalu berpikir keras untuk memahami isi cerita.

Subscribe to this Blog via Email :