Tuesday, February 27, 2018

ULASAN: LADY BIRD




'Suprising', itulah satu kata yang mewakili 'Lady Bird' jika ditanyakan kepada saya. Sempat mencatatkan rekor di situs rottentomatoes.com dengan status 100% fresh review terlama sebelum akhirnya sekarang menjadi 99% dari total 291 review dari kritikus yang masuk. Sebuah data yang membuat kamu tidak mengetahui apapun mengenai film ini sekalipun akan menjadi tertarik untuk menontonnya. Dibintangi oleh Saoirse Ronan, aktor remaja yang belakangan kariernya makin meningkat pesat karena peran demi peran yang dimainkannya. Lalu ada Laurie Metcalf, Tracy Letts, Lucas Hedges dan Timothee Chalamet yang namanya juga sedang meroket karena perannya di 'Call By Your Name'. Sementara naskah dan sutradara ditangani oleh Greta Gerwig. Lady Bird merupakan film perdana Greta Gerwig sebagai sutradara yang sebelumnya lebih dikenal sebagai pemain film.



Christine (Saoirse Ronan) siswa sekolah Katolik di Sacramento, Christine yang lebih suka dipanggil Lady Bird ini sangat ingin keluar dari Sacramento mempunyai keinginan keluar dari kota kecil itu dan kuliah di New York. Sebuah keinginan yang selalu membuatnya selalu berdebat dengan Ibunya (Laurie Matcalf) yang tidak pernah setuju dengan keinginannya dan membuat hubungan tidak harmonis antara Lady Bird dan ibunya. Disisi lain ayah Lady Bird (Tracy Letts) baru saja kehilangan pekerjaannya. Berbagai konflik keluarga, peersahabatan hingga asmara kini membawa Lady Bird pada pelajaran untuk memaknai kehidupan.


Cerita yang ditawarkan oleh Lady Bird bukanlah sebuah cerita yang baru lagi, sudah sangat banyak film-film tentang remaja yang sedang dalam pencarian jati diri ini. Tapi nilai plus yang ada dalam film Lady Bird kejujuran yang disampaikan oleh Greta Gerwig dari awal sampai akhir yang sangat terasa apa adanya selama menontonnya. 



Cerita yang diangkat dari kisah hidup Greta Gerwig sendiri yang diwakili oleh Lady Bird ini terbagi dalam tiga tanpa terasa tumpang tindih dimulai dari keluarga, persahabatan dan asmara yang smua 3 unsur itu akan sangat terasa sangat relevan dengan kondisi pergaulan remaja saat ini atau bahkan kita sendiri, seperti perdebatan dengan orang tua, memlih sahabat yang menerima kita apa adanya atau teman baru yang lebih populer dan mendapatkan pacar pertama. Semua hal itu divisualisasikan alih didramatisir yang berlebihan dengan film sejenis. Sekali lagi, semuanya ditampilkan terasa apa adanya yang membuat film ini menjadi istimewa.



Tentunya sebuah film bagus tidak akan bisa berjalan maksimal jika karakter-karakternya tidak mampu diperankan dengan baik oleh pemain-pemainnya. Dan hal itu juga menjadi kekuatan dari film ini. Saoirse Ronan dan Laurie Metcalf adalah pemikat utamanya. Chemistri mereka yang memerankan Ibu dan anak terasa sangat kuat. Itu semua belum termasuk karakter-karakter pembantu lainnya yang tidak ada terasa sia-sia.



Total 148 nominasi penghargaan dari 34 ajang penghargaan film memang ternyata bukan hanya sekedar isapan jempol belaka. Keberhasilan debut Greta Gerwig di karya perdananya ini sangat sayang untuk dilewatkan, terlebih 'Lady Bird' juga akan menjadi salah satu calon kuat di ajang Oscars nanti yang tinggal menghitung hari.

Subscribe to this Blog via Email :