Saturday, June 9, 2018

ULASAN: JURASSIC WORLD 'FALLEN KINGDOM'




Tiga tahun setelah film pertamanya Jurassic World hadir dengan sebuah sequel yang kembali memasang Chris Pratt dan Bryce Dallas Howard sebagai pemeran utamanya. Untuk sutradara film yang bergenre petualangan fiksi ilmiah beralih dari Colin Trevorrow kepada J.A. Bayona (The Impossible, A Monster Call). Colin Trevorrow sendiri masih terlibat pada sequel ini sebagai penulis naskahnya dengan Derek Connolly. Seperti sequel-sequel lainnya yang dibayangi oleh kesuksesan film pertamanya, Jurassic World 'Fallen Kingdom'(JWFK) juga dibebani hal itu. Lalu apakah JWFK masih mampu memuaskan semua pecinta franchise Jurassic Park ini ?. Kita akan coba telaah.



Mengambil setting cerita 4 tahun setelah Taman Jurrasic World ditutup, Claire yang sekarang bergabung organisasi sosial penyelamatan dinosaurus yang terancam kepunahan keduanya karena akan terjadinya bencana alam besar. Sementara pemerintah menutup tangan akan kejadian serta menolak untuk terlibat dalam misi penyelamatan itu dan menganggap makhluk hasil rekayasa memang tidak seharusnya diselamatkan. Disaat seperti itulah Claire mendapat tawaran untuk terlibat dalam misi penyelamatan dinosaurus dari Benjamin Lockwood, mantan partner John Hammond sang penemu teknologi kloning spesies dinosaurus.


Tawaran tersebut membuat Claire harus kembali menemui Owen (Chris Pratt) setelah berpisah  dan mengajaknya kembali ke Isla Nubar untuk menyelamatkan dinosaurus, terutama raptor bernama Blue yang dirawat sejak lahir oleh Owen. Namun situasi menjadi semakin rumit karena misi mulia mereka kemudian mengungkap sebuah konspirasi rahasia yang tidak pernah mereka duga.


Satu jam pertama dari JWFK adalah yang terbaik dalam film ini. Bahkan sejak adegan pembuka yang sudah membuat penonton menahan nafas. Lalu berlanjut kembalinya Owen dan Claire ke pulau Isla Nubar adegan demi adegan roller coaster akan banyak kamu temui yang membuat kamu merasa jalan cerita akan jauh lebih menarik lagi dari satu jam sisa durasi. Tetapi ternyata dugaan saya salah, terutama setelah twist atau konsprirasi yang menjadi misteri film ini terungkap. Hadirnya karakter Maisie Lockwood (Isabella Sormon) memang mengundang rasa penasaran dan betinrtanya-tanya apa hubungannya dengan plot cerita. Dan ketika akhirnya identitas dari Maisie terungkap maka disinilah yang merubah semuanya. Di satu sisi sepertinya pihak studio ingin membuka cerita sequel selanjutnya, sementara disisi lainnya hal ini seakan sudah keluar dari jalur pakem Jurassic Park itu sendiri. 


Dengan ending yang terbuka seperrtinya kita akan segera melihat sequel lanjutannya dalam beberapa tahun kedepan. Jurassic World Fallen Kingdom tetap masih sebuah film fiksi ilmiah yang menghibur dengan segala hal visualnya, tetapi terlalu percaya diri memberi sebuah ending yang mencederai film originalnya, terutama untuk fans.

Subscribe to this Blog via Email :