Thursday, August 9, 2018

ULASAN: THE CURED



Horror-thriller dengan Zombie sebagai focus utama punya pangsa pasar yang tak pernah kebosanan untuk dikonsumsi apalagi dengan segala modifikasi kisah untuk diceritakan. The Cured sendiri bersetting di Irlandia paska apocalyptic event yang terjadi melanda dunia dimana para zombie yang berhasil disembuhkan kembali dapat masuk ke dalam kehidupan bermasyarakat, disebut sebagai “Mereka yang Pulih”. Sayangnya masih ada sekitar 25% yang resisten terhadap obat tersebut.



Kembalinya Mereka yang Pulih menimbulkan permasalahan social di masyarakat. Mengingat perbuatan yang telah dilakukan mantan zombie tersebut memberikan ketakutan di masyarakat jika mereka kembali menjadi makhluk tersebut. Kisah dalam film ini digiring oleh dua tokoh utama kita, Senan dan Conor. Senan yang diperankan oleh Sam Keeley kembali masuk ke dalam masyarakat dan tinggal bersama adik iparnya, Abbie (Ellen Page) yang tinggal bersama anaknya yang masih kecil, Cillian. Di sisi lain, Conor (Tom Vaughan-Lawlor) tak lagi mendapat tempat di keluarganya, dan tak lagi dapat menjalani profesi sebelumnya. Ia akhirnya tinggal bersama komunitas Mereka yang Pulih namun tidak dapat tempat tinggal Bersama keluarga lama mereka.



Ide mengenai penyembuhan zombie telah sering digunakan, tapi jarang ada yang mengangkat kisah setelahnya secara luas. Bagaimana mereka berurusan dengan masyarakat, dan bagaimana mereka diperlakukan. Yang menarik dari The Cured adalah bukan hanya memainkan kartu drama untuk menarik simpati penonton, namun juga dibungkus oleh permainan catur politik.



Selain itu, film arahan dan juga ditulis oleh David Freyne ini juga memahat world building dengan apik meski hanya pada setting dalam satu tempat saja. Efektif memberikan informasi mengenai kultur dan sifat dasar zombie itu sendiri. Sebuah sudut pandang yang jarang diceritakan.



Setelah melakukan beberapa riset, bagi yang tertarik pada kisah The Cured dimana para mantan zombie yang sudah disembuhkan kembali masuk ke dalam kehidupan masyarakat, bisa menyaksikan In the Flesh (TV Series, 2013-2014) dan The Returned (Film, 2013)

Subscribe to this Blog via Email :