Thursday, August 23, 2018

ULASAN: MILE 22



Sejak diumumkan Peter Berg akan membuat film berjudul 'Mile 22' dengan mempertemukan Iko Uwais dan Mark Wahlberg sebagai pemeran utamanya, banyak dari kita penikmat film yang sudah sangat penasaran dengan hasilnya. Terlebih pera Iko Uwais dalam film produksi hollywood ini benar-benar sangat penting, tidak hanya sekedar karakter pelengkap atau cameo seperti peran-peran Iko Uwais dalam film-film hollywood sebelumnya. Bahkan Peter Berg ide cerita Mile 22 tercipta karena Peter Berg sangat menyukai peran Iko Uwais dalam dua film The Raid dan ingin Iko Uwais bermain dalam filmnya. Jadi bisa dibilang karakter Li Noor dalam Mile 22 dicptakan Peter Berg untuk seorang Iko Uwais. Peman-pemain lain yang terlibat dalam Mile 22 ada nama John Malkovich, Lauren Cohan dan Ronda Rousey,



Kumpulan agen yang beraksi secara tidak resmi dan diakui negara yang dipimpin James Silva (Mark Wahlberg) dibantu unit komando taktis rahasia bernama 'Overwatch' ditugaskan untuk menyeludupkan membawa seorang polisi bernama Li Noor (Iko Uwais) yakni saksi kunci atau informan penting, dari pusat kota menuju pesawat yang sudah menunggunya di bandara. Jarak yang mereka tempuh dari pusat kota ke bandara yakni 22 mil. Di sepanjang perjalanan, mereka harus berhadapan dengan polisi korup, gembong penjahat, serta penjahat-penjahat bersenjata lengkap yang siap mencegah dengan segala upaya agar mereka tak sampai ke pesawat..


Peter Berg sebelumnya sudah sangat berpengalaman dalam film yang cukup memacu adrenalin penontonnya, seperti Lone Survivor atau Deepwater Horizon yang memusatkan ceritanya pada karakter yang terdesak pada situasi pilihannya hanya hidup dan mati. Dan formula itu juga kembali dipakai pada Mile 22. Dan formula yang sama itu masih cukup berhasil pada Mile 22. Sangat banyak adegan intens yang membuat penonton menahan nafas ditengah-tengah kebrutalan yang ditampilkan.


Hadirnya Iko Uwais dalam 'Mile 22' membuktikan sangat pentingnya perannya di film ini, tetapi sayang meskipun sudah banyak mengalami kemajuan dalam hal berakting Iko Uwais masih terlihat belum mampu mengimbangi Mark Wahlberg yang memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi dalam hal peforma memerankan karakter yang sangat keras.


Alur cerita yang sangat cepat dengan durasi hanya 90 menit tidak memberi penonton waktu yang cukup untuk bisa memahami apa yang baru saja terjadi. Adegan action dan laga pertarungan di ruang sempit dalam film ini adalah sebuah nilai plus tersendiri yang sepertinya harus ada di setiap film-film Iko Uwais. Pada akhirnya Mile 22 masih sebuah film action-laga yang masih sangat seru dan menghibur dengan rating dewasanya. Dengan ending yang sangat terbuka, kita sangat mengharapkan segera bisa menonton lanjutannya yang memang sudah direncanakan menjadi sebuah trilogi.


Subscribe to this Blog via Email :