Monday, October 22, 2018

ULASAN: BAD TIMES AT THE EL ROYALE




Pernah  menjadi salah satu orang yang memutuskan menonton sebuah film hanya karena nama seorang sutradara tanpa mencari tahu siapa pemain dan apa premis ceritanya ?. Jika memang pernah atau sering tentu sang sutradara bukanlah orang sembarangan. Ketika memutuskan menonton sebuah film dikarenakan nama sutradara tentunya sangat berkesannya karya sang sutradara tersebut di film sebelumnya. Drew Goddard bisa dimasukan dalam kategori ini. Kita masih ingat dengan sangat jelas bagaimana terhenyak dengan The Cabin In The Woods (2011) di debut Drew Goddard sebagai sutradara. Setelah 7 tahun berselang Goddard kembali hadir dengan film layar lebar keduanya sebagai sutradara dalam 'Bad Times At The El Royale' (BTATER). Selama 7 tahun lamanya jarak dari film pertama bukan berarti Goddard tidak mempunyai kesibukan. Waktunya dihabiskan menjadi produser atau penulis naskah layar lebar atau serial tv.



Di film kedua penyutradaraan Drew Goddard kali ini sang sutradara membawa nama Chris Hemsworth yang sebelumnya juga pernah bekerja sama dengan Goddard lewat The Cabin In The Woods, lalu ada Jeff Bridges, John Hamm, Dakota Johnson, Cynthia Erivo, Cailee Spaeny. Tidak hanya menjabat sebagai sutradara, Drew Goddard juga merangkap sebagai penulis naskah dan produser. Hal yang terasa ambisius dan membuat kita penikmat film jadi makin penasaran bukan dengan film ini ?



Bersetting tahun 1970 ,7 orang asing yang secara kebetulan dipertemukan pada sebuah hotel yang sangat ikonik tetapi sudah ditinggalkan para pelanggannya bernama The El Royale. Dwight Broadbeck / Seymour 'Laramie' Sullivan (John Hamm) seorang agent FBI yang menyamar untuk menyelidiki hotel yang dicurigai menyimpan skandal besar, Donald "Doc" O'Kelly / Daniel Flynn (Jeff Bridges) mantan perampok bank yang sudah bebas dan mencari sisa rampokan yang dikubur dalam salah satu kamar hotel, Darlene Sweet (Cynthia Erivo) seorang penyanyi yang dalam pelarian, Emily dan Rose Summerspring yang juga melarikan diri dari Billy Lee (Chris Hemsworth) seorang pemimpin sebuah perkumpulan yang juga mentor dari Rose. Lalu terakhir ada sang resepsionis yang menjadi satu-satunya pegawai yang bekerja di hotel The El Royale. Dalam satu malam sebuah kejadian merubah hidup mereka selamanya yang mengancam nyawa mereka masing-masing.



Berekspetasi lebih  BTATER dengan patokan film Goddard sebelumnya seperti The Cabin in The Woods (TCITW) sangat sah-sah saja. Terlebih dari trailer BTATER sudah memberikan potensi itu. Tetapi jangan mengira plot cerita berjalan linear seperti TCITW, film ini akan berjalan cukup lambat (slow burn). Sampai 60 menit pertama penonton masih mencoba meresapi plot utama cerita yang secara perlahan semakin dalamnya cerita penonton akan mengalami kejutan demi kejutan dari karakter-karakternya.



Entah memang ada unsur disengaja atau tidak, menonton BTATER seperti menonton film-film Quentin Tarantino yang mempunyai ciri khas yang menampilkan babak demi babak yang secara pelan yang diakhiri sebuah final yang sering kita jumpai pada film-film Tarantino. Dan hebatnya semua pemain tidak ada satupun yang terasa dominan, masing-masing mendapatkan porsi yang melengkapi satu sama lain.



BTATER sebuah film suspense thriller yang mempunyai durasi yang cukup panjang tetapi tidak akan terasa karena penonton akan terbawa dalam cerita. Petunjuk jelasnya untuk film ini adalah jika kamu menyukai sangat bisa menikmati film-film yang mempunyai dialog panjang dan kuat seperti yang kamu temui di film-film Quentin Tarantino, maka BTATER adalah sebuah film yang tidak boleh kamu lewatkan.

Overall: 8/10 (By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :