Saturday, January 26, 2019

ULASAN: THE UPSIDE





Sudah hal yang lumrah ketika seorang aktor yang lebih dikenal sebagai komedian ingin mencoba sesuatu yang baru dalam kariernya bermain dalam film diluar zona nyamannya. Jim Carrey pernah mencobanya dan berhasil lewat The Truman Show dan Eternal Sunshine of the Spotless Mind, lalu Adam Sandler lewat Punch Drunk Love ada Funny People, lalu ada Jonah Hill dan Melissa McCarthy yang melejit diluar komedi ketika mereka mendapat nominasi untuk banyak penghargaan termasuk Academy Awards. Dan sekarang hal itu coba dilakukan juga oleh Kevin Hart (Jumanji: Welcome To The Jungle, Ride Along) yang sebagian besar kariernya bermain dalam film komedi. Kali ini Kevin Hart mencoba menguji kualitas aktingnya dalam film drama yang cukup kuat lewat The Upside. Tidak tanggung-tanggung, Kevin Hart  lawan main yang sudah kenyang pengalaman dalam film drama dengan banyak tema. Pertama ada Bryan Cranston (Breaking Bad, Trumbo) dan Nicole Kidman (Cold Mountain, Lion).



The Upside sendiri merupakan remake film Perancis The Intouchables (2011), film yang diangkat dari kisah nyata yang mendapat respon positif secara komersil maupun kritik. Sekarang versi remakenya hadir dibintangi Kevin Hart, Bryan Cranston, Nicole Kidman dan Golshifteh Farahani (Body of Lies, Paterson) dengan sutradara Neil Burger (Limitless, Divergent).



Seorang miliarder Phillip Lacasse (Bryan Cranston) yang lumpuh dari leher hingga kaki setelah mengalami kecelakaan dari terjun payung. Hari-harinya harus selalu didampingi. Phillip yang didampingi oleh sekretaris paling loyalnya Yvonne Pendleton mencari perawat yang cocok untuk bisa merawat dan mengurus kebutuhan Phillip sehari-hari. Dalam sebuah ketidaksengajaan, Phillip akhirnya mempekerjakan Dell Scott (Kevin Hart) sebagai pengurusnya yang justru paling tidak memenuhi persyaratan. Phillip melakukannya atas dasar sudah mulai menyerah dengan kehidupannya. Memilih Dell sebagai perawatnya hanya sekedar untuk membuat Yvonne tidak perlu mengurusnya lagi. Tetapi pemilihan itu berjalan dengan tidak terduga antara Phillip dan Dell. Meskipun mereka berasal dari dunia dan latar belakang yang berbeda, Phillip dan Dell membentuk hubungan persahabatan yang baik bagi keduanya.


Sebagai salah satu yang belum menonton film originalnya, ekspetasi saya pada The Upside hanyalah bisa melihat kejutan sisi lain dari akting pada Kevin Hart yang bermain dalam film yang kuat pada drama ini. Tetapi sayangnya kejutan itu hanya berlangsung di 30 menit pertama saja. Setelah 30 menit kita akan melihat Kevin Hart seperti film dia lainnya yang tampil komikal. Penampilan komikal pada Kevin Hart dalam film ini bukan berarti negatif, justru masih sangat menghibur. Hanya saja karena sudah memasang ekspetasi mendapatkan sesuatu yang berbeda dari dari Kevin Hart pada film ini membuat saya sedikit kecewa. Tetapi mungkin kehadiran Kevin Hart memang dimaksudkan untuk memberikan warna komedi dengan dramanya sudah cukup diwakili oleh Bryan Cranston dan Nicole Kidman.


Salah satu kelebihan yang kamu dapatkan ketika menonton sebuah remake tanpa menonton film originalnya sebelumnya adalah ketika menonton pikiran kamu tidak akan sibuk membanding-bandingkannya versi remake dan original. Dan The Upside untungnya mempunyai plot cerita yang sangat mudah dinikmati ditengah-tengah konflik karakternya masing-masing, seperti Dell yang mencoba berdamai dengan mantan istrinya dan menjadi ayah yang baik untuk anaknya atau Phillip dalam keterbatasannya mencoba membenahi rasa percaya dirinya untuk mencoba menjalin hubungan asamara dengan sahabat penanya yang belum pernah dijumpainya. Selain Kevin Hart dan Bryan Cranston sangat menyenangkan melihat Nicole Kidman bermain santai memerankan karakter Yvonne. Meskipun Nicole Kidman hanya sebagai karakter pembantu, sangat terlihat Nicole Kidman sangat menikmati memerankan karakter Yvonne yang sebenarnya bisa diperankan siapa saja.

 

The Upside sebuah film drama dengan tema yang sebenarnya cukup depresif ini diubah menjadi tontonan ringan yang menyampaikan pesan positif pada penonton. Tetapi seperti halnya film-film ringan ala hollywood, akan banyak ditemui hal-hal klise yang terkadang seperti memudahkan masalah yang membuat The Upside yang menghibur tetapi tidak istimewa.

Overall: 7/10 

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :