Wednesday, February 20, 2019

ULASAN: DRAGON BALL SUPER BROLY



Dragon ball Super Broly adalah film Dragon Ball terbaru setelah Dragon Ball Battle of Gods (2013) dan Dragon Ball Resurrection F (2015) dan kali ini mengambil fokus pada karakter Broly yang sebelumnya permah beberapa kali diperkenalkan namun belum memiliki filmnya sendiri. Disutradarai oleh Tatsuye Nagamine bersama dengan Akira Toriyama sendiri yang turut menuis naskah,



Cerita dalam film kali ini kita kembali dibawa pada masa lalu ke planet manusia Saiya ketika mereka aktif dalam melakukan ekspansinya namun masih dalam kontrol klan Freeza yang keji. Karakter Broly ditunjukkan saat ia masih kecil dan baru diketahui ternyata memiliki kekuatan yang sangat besar, melebihi siapapun termasuk Vegeta yang juga segera akan lahir. Khawatir akan menimbulkan masalah, Raja Vegeta pun memutuskan untuk mengungsikan Broly yang masih balita ke sebuah planet terpencil. keputusannya ini membuat sang ayah murka dan berniat balas dendam pada Raja Vegeta dan anaknya.



41 tahun berlalu, kini karakter favorit kita yang sudah belalui banyak pertarungan di Bumi, Goku dan Vegeta dipertemukan dengan Broly yang sudah besar, dan sangat kuat. Pertarungan besar dan seru pun kembali tidak dapat dihindari.



Sebagai seorang yang tumbuh besar menyaksikn tayangan Dragon Ball pada masa lalu, menyaksikan film ini merupakan sebuah fan service dan nostalgia yang begitu menyenangkan untuk diikuti. Film menyajikan cerita dengan penokohan yang begitu mendalam dan memikat penonton dengan efektif, bukan semata-mata karena kita sudah mengeal berbagai karakter di sini sejak lama, namun karena memang dari pembangunan dan jalinan ceritanya yang dibangun rapi.



Segmen flashback yang disaikan pada awal film, meskipun cukup singkat namun dututur dengan rapi dan efektif, tidak terkesan terburu-buru. Film juga memberikan backstory yang cukup bahkan pada beberapa karakter baru yang diperkenalkan juga mendapatkan jatahnya. Berbagai humor yang dilontarkan begitu efektif memancing tawa, kemudian soal aksi, tidak perlu ditanya lagi, kita akan disajikan pertarungan tingkat tinggi dari para karakter legendaris berpengalaman melawan seorang Saiya yang terkuat, semuanya dikemas seru dan, berisik.



Apabila tidak terbiasa dengan gaya animasi produksi Jepang, mungkin akan merasa sedikit tergangu dengan banyaknya adegan-adegan berteriak yang terkadang dirasa berlebihan, yah, sekali lagi mungkin ini hanya soal preference subjektif namun memang itulah yang saya rasakan.



Menyambung cerita dari yang sudah sangat jauh berjalan, tidak bisa dipungkiri bahwa film ini akan menjadi cukup membingungkan bagi penonton secara general yang tidak terlalu mengikutinya, seperti berbagai referensi, karakter yang tidak lagi dijelaskan soal itu siapa, hingga termasuk berbagaiinside joke yang banyak dilontarkan. Namun di luar semua itu, saya dapat menekankan bahwa ini adalah salah satu film animasi terbaik yang dirilis dalam beberapa waktu terakhir. Sangat direkomendasikan, terutama untuk para fans Dragon Ball itu sendiri.


(By Arief Noor Iffandy)

Subscribe to this Blog via Email :