Wednesday, March 13, 2019

ULASAN: A PRIVATE WAR




Sejak kemunculannya pertama kali di layar lebar sebagai Bond girls lewat Die Another Day nama Rosamund Pike identik dengan peran-peran wanita cantik dan anggun yang bisa dibilang tidak ada yang spesial. Sampai pada akhirnya aktris kelahiran tahun 1979 ini bermain dalam film arahan David Fincher lewat Gone Girl yang sangat menarik perhatian yang membuahkan nominasi aktris terbaik pada ajang Academy Awards 2014. Dan sekarang Rosamund Pike mencoba sampai mana batasnya mendalami sebuah peran. Kali ini Rosamund Pike bermain dalam film biopik wartawan perang Marie Colvin.



Selain Rosamund Pike, film A Private War juga didukung oleh aktor-aktor yang sudah sangat familiar untuk mata penonton. Ada nama Jamie Dornan (Fifty Shade of Grey Trilogy), Stanley Tucci (Captain America: First Avengers, The Hunger Games) dan Tom Hollander (Bohemian Rhapshody, Bird Box). Matthew Heineman ada pada kursi sutradara yang sebelumnya lebih dikenal sebagai sutradara film dokumenter yang sudah banyak memenangi penghargaan seperti Cartel Land (2015) dan City of Ghost (2017). A Private War sendiri merupakan debut penyutradaraan film naratif bagi Matthew Heineman.


Diangkat dari kisah nyata, A Private War akan mengisahkan tentang sosok Marie Colvin (Rosamund Pike). Salah satu wartawan perang paling terkenal dan berani yang mengidap PTSD (Post Traumatic Stress Disorder) yang tidak pernah kenal kata takut, Marie meliput perang langsung di garis depan. Dalam tugasnya Marie selalu ditemani oleh photographer Paul Conroy (Jamie Dornan). Berdua mereka memasuki negara yang mengalami konflik atau perang. Semuanya untuk memberikan suara kepada orang yang tidak bersuara. Film ini akan menceritakan hubungan Marie dengan orang-orang disekitar sepanjang 11 tahn kariernya sebagai jurnalis perang yang diadaptasi dari tulisan artikel "Marie Colvin’s Private War" di Vanity Fair yang ditulis oleh Marie Brenner.



Pengalaman Matthew Heineman dalam film-film dokumenter pada daerah-daerah konflik menjadi daya kuat A Private War. Gambaran dari efek perang dengan segala kengeriannya yang tidak hanya berdampak pada kerugian infrasttrukturnya, tetapi juga kepada manusia-manusianya sendiri. Refleksi dari kengerian itu yang diwakili oleh Rosamund Pike yang memerankan Marie Colvin yang benar-benar sangat luar biasa yang setelah menonton membuat kita mempertanyakan dengan peforma luar biasa seperti masih belum cukup menembus jajaran a aktris terbaik pada ajang oscar beberapa waktu yang lalu.



Sangat luar biasanya performa Rosamund Pike memang menjadikan A Private War sebagai panggung aktris tersebut. Tetapi bukan berarti performa pemain lain seadanya saja, yang ada justru memperkuatnya. Jamie Dornan sebagai Paul Conroy salah satunya, hubungan pertemanannya dengan Marie menjadi bumbu dalam plot cerita. Tanpa bermaksud menyepelekan pilihan film-film sebelumnya, Jamie Dornan kedepannya harus sering mencoba bermain dalam film-film yang mengeluarkan semua potensinya sebagai aktor yang bagus seperti dalam film ini.


A Private War sebuah biopik naratif yang sudah menarik perhatian sejak adegan pertamanya. Pesan positif yang disampaikan lewat kengerian-kengerian pada daerah konflik yang mungkin akan membuat kamu memikirkannya setelah menontonnya. Dan sebuah apresiasi layak diberikan kepada wartawan-wartawan perang yang menyampaikan pesan para korban yang tidak terdengarkan.


Overall: 8,5/10

(By Zul Guci)



Subscribe to this Blog via Email :