Sunday, April 28, 2019

ULASAN: AVENGERS 'ENDGAME'




Bagi para penggemar film superhero, terutama yang berasal dari Marvel Cinematic Universe, film Avengers: Endgame adalah film yang paling ditunggu di tahun 2019 ini. Hal ini dibuktikan dengan membludaknya jumlah penonton, termasuk di bioskop-bioskop di Indonesia. Banyak penonton yang seakan berlomba menjadi yang pertama menyaksikan film ini, terlihat dari beberapa bioskop yang sampai menayangkan film ini 24 jam non stop! Sungguh suatu fenomena yang tidak pernah terjadi sebelumnya. Aapkah yang membuat banyak orang ingin menonton Avengers: Endgame? Berikut ulasannya.



Seperti yang sudah diketahui di akhir film Avengers: Infinity War, para pahlawan kita mendapatkan kekalahan telak dari Thanos, The Mad Titan. Thanos (Josh Brolin) berhasil mengumpulkan keenam infinity stones dan memasangnya pada gauntlet-nya, lalu melakukan finger snap (menjentikkan jarinya). Akibatnya, separuh populasi dari seluruh alam semesta punah serentak menjadi debu. Termasuk beberapa sueprhero seperti Dr. Strange, Spider-Man, Black Panther, Scarlet Witch, Bucky, Falcon, Star Lord, Groot, Mantis, dan Drax. Iron Man (Robert Downey Jr.) berhasil selamat dan berada di planet Titan (tempat kelahiran Thanos) bersama Nebula (Karen Gillan), sementara para pahlawan yang selamat lainnya berada di bumi. Kisah inilah yang langsung berlanjut di Avengers: Endgame.



Para penonton dibuat penasaran dengan beberaap pertanyaan: Apakah Tony Stark a.k.a Iron Man berhasil bertahan hidup di luar angkasa dan dapat kembali ke bumi? Apakah ada superhero lainnya yang selamat selain superhero yang muncul di Avengers: Infinity War? Apakah yang akan terjadi selanjutnya? Berhasilkan para Avengers membalaskan dendam untuk mengalahkan Thanos? Pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab dalam film berdurasi 3 jam ini! Ya, ini adalah film superhero dengan durasi tayang terlama. Namun jangan khawatir, kamu tidak akan bosan menonton film ini, 3 jam jadi tidak terasa karena penonton akan sangat terbawa suasana dan kisah pada film.



Film Avengers: Endgame ini mengisahkan bagaimana para superhero yang berhasil selamat mencoba bertahan dan melanjutkan kehidupan mereka, walau sebenarnya mereka merasa sangat kegilangan dan masih dipenuhi perasaan bersalah karena gagal mengalahkan Thanos. Oleh karena itu beberapa upaya ditempuh untuk membalaskan dendam atas kekalahan dan kehilangan orang-orang yang dicintai. Akan tetapi, tidak semudah itu. Ada banyak hal yang harus dipertaruhkan dan dikorbankan, termasuk nyawa mereka sendiri. Avengers yang tersisa: Iron Man, Captain America a.k.a Steve Rogers (Chris Evans), Thor (Chris Hemsworth), Hulk a.k.a Bruce Banner (Mark Ruffalo), Black Widow a.k.a Natasha Romanoff (Scarlett Johansson), dan Hawkeye a.k.a Clint Barton (Jeremy Renner) mengeluarkan segenap daya upaya untuk melakukan hal tersebut. Mereka tidak sendirian, seperti terlihat di poster film, terlibat juga superhero lainnya yang masih hidup: Captain Marvel a.k.a Carol Danvers (Brie Larson), Ant-Man a.k.a Scott Lang (Paul Rudd), Rocket Raccoon (Bradley Cooper), bahkan oleh anak perempuan Thanos yang kemudian beralih melawan ayahnya: Nebula. Bagaimanakah cara mereka membalas dendam? Sebaiknya kamu tonton sendiri, karena pada ulasan ini tidak akan ada spoiler (bocoran cerita), sesuai arahan para pemeran dan sutradara Avengers: Endgame.



Judul film ini berasal dari perkataan Dr. Strange (Benedict Cumberbatch) pada Tony Stark di planet Titan: “We’re in the endgame now” (pada film Avengers: Infinity War). Walaupun sebenarnya kata endgame sudah pernah diucapkan oleh Tony Stark di film Avengers: Age of Ultron. Ya sesuai judulnya, bagaimanakah mengakhiri permainan melawan Thanos ini adalah suatu hal yang sangat menarik dan membuat penasaran, sehingga wajar kalau banyak orang berlomba-lomba menjadi penonton pertama. Selain itu, film ini layak ditonton lebih dari satu kali. Disarankan untuk menonton film ini di layar IMAX, karena kamu akan mendapatkan gambar 26% lebih besar, ya, film ini menggunakan teknologi terbaru untuk hal tersebut. Untuk merasakan langsung keseruan adegan-adegan penuh aksi dalam film ini, maka kamu juga harus menonton film ini dengan format 4DX.



Avengers: Endgame sudah berada pada posisi 5 besar IMDB (rate 8.9) pada seminggu penayangannya, dan diakui sebagai film superhero paling epic. Meskipun begitu, bukan berarti film garapan Russo Brothers (Anthony dan Joseph Russo) ini tidak memiliki kekurangan. Ada beberapa plothole dan jalan cerita yang membingungkan para penonton, namun hal tersebut bisa saja dijelaskan pada film-film selanjutnya dan justru memancing banyak diskusi pada fans. Oh ya, film ini sangat memanjakan fans (banyak fans service) baik bagi para penonton MCU maupun pembaca komik Marvel. Film ini juga memperlihatkan sisi lain para superhero. Seorang superhero tidak selamanya sempurna, banyak sisi humanis mereka yang terlihat, inilah yang membuat para penggemar semakin mencintai superhero favorit mereka masing-masing.



Setelah menonton Avengers: Endgame, bukan berarti tidak ada lagi pertanyaan, justru akan memunculkan pertanyaan baru: Apakah yang akan terjadi di film berikutnya? Mau dibawa ke mana MCU phase 4? Marvel dan Disney sepertinya sudah menyiapkan film-film selanjutnya dengan baik, inilah yang membuat fans Marvel setia. Ya, setelah film ini, kita tunggu film MCU selanjutnya, dimylai dari yang terdekat waktu penayangannya: Spider-Man Far From Home!


Subscribe to this Blog via Email :