Monday, June 10, 2019

ULASAN: THE SECRET LIFE OF PETS 2



3 tahun setelah The Secret Life of Pets pertama, sequel petualangan hewan-hewan peliharaan kembali hadir di tahun 2019 ini. Sangat mudah untuk bisa menikmati film ini karena temanya yang dekat dengan penonton. "Apakah yang dilakukan hewan peliharaan ketika ditinggal oleh majikannya ?" Tema yang sudah familiar terlebih  bagi penonton yang sudah franchise Toy Story, hanya saja jika Toy Story menceritakan mainan. Maka The Secret Life of Pets hewan peliharaan. Tetapi kesamaan itu tidak menjadi sesuatu yang yang diambil pusing oleh penonton. The Secret Life of Pets tetap mampu memancing dan menghibur penonton. Itu terbukti dengan suksesnya film pertama tahun 2016 lalu secara pemasukan dan kriktik positif. Sekarang hadirlah The Secret Life of Pets 2 dengan plot cerita yang jauh lebih besar dibandingkan film pertamanya.


Masih disutradarai oleh Chris Renaud yang juga menyutradarai film pertamanya, sequel ini juga kembali membawa sebagian besar pengisi suara karakter-karakter utama pada fim pertama mulai dari Kevin Hart, Eric Stonestreet, Lake Bell dan Jenny Slatea. Perubahan ada pada pengisi karakter utama Max, yang berpidah dari Louis C.K ke Patton Oswalt. Hal yang tidak terlalu berpengaruh pada perubahan ini. Lalu terakhir Harrison Ford ikut menyumangkan suaranya yang makin meramaikan sequel ini.


Seperti yang sudah disebutkan diatas, plot cerita sequel ini jauh lebih besar dibandingkan film pertamanya. Ada 3 plot cerita yang harus diikuti oleh penonton. Yang pertama mengenai Max (Patton Oswalt) yang diserang kekhawatiran dan beradaptasi dengan keadaanya saat ini ketika majikannya memutuskan menikah dan mempunyai anak. Kedua si kelinci bawel Snowball (Kevin Hart) yang sudah mempunyai majikan ini sedang berusaha melindungi harimau sirkus yang melarikan diri, dan lalu terakhir perkenalan Max dengan Rooster (Harrison Ford) anjing penjaga di sebuah peternakan yang akan banyak mempengaruhi karakter Max nantinya. 3 plot cerita yang bisa menjadi bumerang dalam arti kata lain negatif atau juga pun sebaliknya.


Entah memang satu plot cerita utama terasa sulit dikembangkan untuk film berdurasi hampir 2 jam, tetapi membaginya menjadi 3 plot cerita utama menjadi memecah fokus penonton. Jika 3 plot cerita utama itu pada akhirnya bertemu pada satu pusat plot utama masih mending, tetapi ternyata hal itu tidak ada. 3 plot cerita utama seperti terpisah sendiri yang bisa berdiri menjadi cerita masing-masing dan membuat saya berpendapat jika The Secret Life of Pets 2 lebih terasa omnibus atau 3 episode serial animasi yang dijadikan satu. Masih mending salah satu plot terasa kuat dibandingkan plot utama lainnya, tetapi sayangnya ketiga plot itu hampir mempunyai porsi yang sama.


Untungnya meskipun plot cerita terasa tidak fokus, penonton akan sangat terhibur dengan komedinya yang kental. Kevin Hart yang mengisi suara Snowball lagi-lagi hampir selalu memecah tawa penonton ditengah-tengah cerita yang sangat terasa tumpang tindih karena meskipun plot cerita terbagi 3 tetapi semuanya disampaikan secara naratif. Setiap plot cerita mempunyai pesan moral tersendiri, tetapi penonton sepertinya tidak akan terlalu perduli karena terlalu banyak yang ingin disampaikan.


The Secret Life of Pets 2 tipikal film-film animasi dari produksi Illumination yang kental akan komedi yang masih sangat menghibur, tetapi sequel ini mengulang kejadian seperti Despicable Me 2 yang masih sangat menghibur, tetapi hanya sebatas itu. Berbanding jauh dengan film pertamanya yang bisa lebih dari itu yang tidak hanya mengeksploitasi komedi, tetapi mempunyai cerita yang kuat yang membuat penonton betah nonton berulang-ulang.


Overall: 7/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :