Sunday, June 23, 2019

ULASAN: TOY STORY 4



Sesama penggemar 3 film Toy Story pertama sepertinya kita semua setuju jika film ini sudah cukup ditutup dengan film ketiganya. Bukan karena kita mulai bosan dengan film yang menceritakan mainan yang hidup ketika tidak dilihat oleh manusia ini, tetapi film ketiga terasa pas menjadi babak penutup dengan sebuah ending yang sempurna. Tetapi ternyata Pixar tidak sependapat dengan penonton atau memang terlalu sayang melepaskan franchise mereka yang satu ini karena masih ada potensi cerita yang bisa digali lebih dalam lagi. Sempat disambut nada skeptis oleh fans saaat pertama kali pengumuman pengerjaan film ke-4 dan pada akhirnya waktu juga membuktikan yang mana untuk kali ini kita satu suara dengan Pixar yang membuat kita makin berat berpisah dari Woody dan kawan-kawan.



Sebagian besar veteran pengisi suara 3 film sebelumnya mengisi suara karakter-karakter mereka kembali. Mulai dari Tom Hanks, Tim Allen, Annie Potts, Joan Cussack dan Bonnie Hunt. Lalu deretan pengisi suara yang baru muncul dalam film ini ada nama-nama besar seperti Keanu Reeves, Christina Hendricks dan duo Keegan Michael-Key dan Jordan Peele. Untuk sutradara nama Josh Cooley diberi kesempatan menyutradarai film panjang pertamanya setelah 15 tahun bekerja sebagai storyboard artist, penulis dan sutradara film-film pendek animasi Pixar. Kenyang pengalamannya Josh Cooley di dapur Pixar juga semakin kuat dimana penulis naskah Toy Story 4 dikerjakan oleh Andrew Stanton yang sebagian besar terlibat dalam film-film produksi Pixar sebagai penulis maupun sutradara sejak Toy Story pertama. Jadi bisa dibilang Josh Cooley mendapatkan tim yang hebat sebagai sutradara selain animator-animator handal yang memvisualisasikan animasi-animasi Pixar yang tidak perlu diragukan lagi hasilnya.



Woody (Tom Hanks), Buzz Lightyear (Tim Allen), dan anggota geng lainnya memulai perjalanan dengan Bonnie (Madeleine McGraw) dan mainan baru bernama Forky (Tony Hale). Perjalanan yang penuh petualangan berubah menjadi reuni yang tak terduga ketika Woody bertemu dengan Bo Peep (Anne Potts) yang sudah terpisah selama 9 tahun. Sebuah perjalanan bersama teman-teman lama dan baru mengungkapkan dunia sangatlah besar untuk sebuah mainan.



Percayalah, rasa skeptis kamu yang rasakan sebelum menonton Toy Story 4 karena berpendapat sequel ini tidak diperlukan perlahan akan langsung hilang di 5 menit pertama film ini. Yap benar, 5 menit pertama yang memegang peranan penting yang sudah berhasil memegang emosi penonton. 5 menit pembuka adegan yang sangat emosional setelah pembuka adegan Up dengan konsep montage-nya yang memorable itu.


Berbeda dengan tiga film sebelumnya lebih menonjolkan unsur hubungan kebersamaan persahabatan, untuk film ke-4 unsur itu dikurangi sedikit dan beralih mengenai 'apa yang kita inginkan ?' yang diwakili oleh karakter Woody selama dalam petualangannya dan bertemu dengan mainan-mainan baru yang nantinya akan mempengaruhi keputusan besar yang diambil Woody yang lagi-lagi menjadikannya sebuah adegan emosional yang tidak hanya pada karakter-karakter yang ada dalam filmnya, tetapi juga penonton. Tetapi jangan berpikir banyaknya momen-momen emosional dalam film ini kamu akan menyangka film akan lebih banyak ke drama. Justru komedi dalam seri ke-4 Toy Story jauh terasa lebih kental dibandingkan film-film sebelumnya. Setidaknya ada 3 karakter baru yang mencuri perhatian yang selalu memancing tawa penonton setiap mereka muncul di layar. Ada Duke Caboom (Keanu Reeves) dan duo Ducky dan Bunny (Keegan-Micahel Key).


Dari visual sendiri seperti biasa Pixar tidak akan meninggalkan cela, yang ada hanya penyempurnaan dari film-film sebelumnya. Bisa dilihat makin halusnya animasi dan terlihat makin realistis yang terlihat pada air muka karakter-karakternya yang jauh lebih ekspresif. Jadi kita tidak akan kaget satu tempat pada kategori film animasi terbaik di ajang Academy Awards tahun depan sudah menjadi milik Toy Story 4. 



Pixar lagi-lagi memberikan sebuah tontonan animasi yang berkualitas yang tidak hanya memberikan sekedar pengalaman hiburan, tetapi juga meninggalkan sebuah kesan yang kita ingin kembali menonton filmnya. Jika pada film ketiga kamu merasa sudah bersiap berpisah dengan Woody dkk, maka untuk film ke-4 ini Pixar berhasil membuat kamu ingin bertemu Woody dan yang lainnya di petualangan lainnya. 

Overall: 9/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :