Monday, December 23, 2019

ULASAN: STAR WARS 'THE RISE OF SKYWALKER




Bagian trilogi ketiga Star Wars mencapai ujungnya. Bagian terkahir yang katanya akan menjadi cerita akhir yang akan menyinggung keluarga Skywalker. bahkan Disney dikabarkan akan meningglkan konsep trilogi pada franchise ini dan akan memulai konsep yang baru diluar keluarga Skywalker sebagai main story. Kembali lagi episode 9 'The Rise of Skywalker' yang pastinya ditunggu para fans meskipun banyak yang dikecewakan dengan episode 8 'The Last Jedi'. Kembalinya J.J Abrams di kursi sutradara menambah asa rasa positif jika cerita penutup ini akan dikemas jauh lebih baik. Lalu apakah 'The Rise of Skywalker' berhasil memuaskan keinginan para fans setelah kekecewaan pada The Last Jedi ?



Pertarungan yang melelahkan antara dark side dan light side masih berlanjut. Perlawanan dari The Resistance pimpinan Princess Leia (Carrie Fisher) yang selamat sekali lagi akan menghadapi First Order akan menentukan nasib mereka. Situasi makin mendesak dan dari semua yang tersisa, Princess Leia meminta bala bantuan kepada seluruh penghuni galaksi. Jumlah mereka pun bertambah dengan armada yang cukup kuat. Akan tetapi, yang mengejutkan adalah sosok Emperor Palpatine yang ternyata masih hidup yang justru makin bertambah kuat dan akan membangkitkan kembali semua Sith.


Disisi lain Rey (Daisy Ridley) dan Kylo Ren (Adam Driver) sedang dalam persimpangan dan keraguan mengenai tindakan yang akan mereka ambil. Keputusan tindakan yang tidak dengan mudah mereka putuskan karena akan merubah hidup mereka selamanya. Seperti diketahui, Rey yang menjadi Jedi generasi terbaru menolak ajakan Kylo Ren untuk bergabung ke Dark Side tetapi Rey sendiri tergoda untuk menerima tawaran Dark Side itu. Hal inilah yang membuat Kylo Ren naik pitam, padahal ia semula sempat simpati pada Rey. Dalam Star Wars: The Rise Of Skywalker, pengejaran Kylo Ren terhadap Rey akan menjadi pemandangan tersendiri yang menyerukan. Asal-usul Rey yang hanya diketahui Kylo Ren dan kekuatan besar menjadi kejutan di dalam cerita.


Beban berat ada pada pundak J.J Abrams sebagai sutradara, lewat film terakhir ini J.J Abrams harus berpikir keras bagaimana bisa kembali merebut hati fans yang merasa sangat dikecewakan lewat 'The Las Jedi'. Yang saking kecewanya fans sampai membuat petisi agar The Last Jedi tidak dimasukan dalam canon main story Star Wars sudah ada. Memunculkan kembali Palpatine pada seri terkahir ini adalah kejutan tersendiri yang membuat cerita menjadi menarik. Hal ini yang coba dimanfaatkan oleh J.J Abrams yang sekalgus mengkoneksikannya dengan masa lalu Rey. Dan meskipun terasa dipaksakannya karakter ini muncul, tetapi untungnya ditampilkan dengan cara elegan dan membuatnya terlihat jauh lebih berbahaya.


Untuk plot cerita sendiri jika kamu sudah menonton dua trilogi sebelumnya, kamu tidak sendiri jika merasa hampir sebagian besar plot cerita kebanyakan seperti pengulangan. Jika The Force Awakens adalah the new Á New Hope', maka untuk Th Rise of Skywalker adalah gabungan antara Empire Strike Back dan Return of Jedi. Di satu sisi fans akan suka karena kemabli kepada nostalgia, lalu disisi lain juga akan merasa bosan dengan alur cerita yang begitu-begitu saja dengan setting yang berbeda.


Lalu dari pengembangan karakter lainnya, bromance antara Finn (John Boyega) dan Poe (Oscar Issac) jauh makin berkembang. Joke-joke antara mereka berdua bumbu komedi yang memancing tawa ketika tone film semakin serius. Tidak hanya Finn dan Poe, tetapi juga antara Finn dan Rey, lalu juga Rey dan Kylo Ren yang masing-masing mempunyai pengembangan hubungan karakter yang berbeda yang buat saya yang paling menarik dari keseluruhan film jika dirunutkan.


Dari cerita yang tidak luar biasa, buat saya sendiri The Rise of Skywalker masih mempunyai drama yang kuat antar karakternya. Selain itu adegan pertempuran dalam seri terakhir ini juga salah satu bagian terbaik dalam film ini. Jadi untuk kamu yang tidak menikmati cerita, minimal pertempuran dan perang dalam film ini benar-benar akan menghibur dan memanjakan mata. Tetapi secara The Rise of Skywalker bukanlah penutup sebuah saga yang tidak  kamu ekspetasikan akan menajdi penutup yang sempurna .

Overall: 7/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :