Wednesday, February 26, 2020

ULASAN: SONIC THE HEDGEHOG



Tanpa perlu diberitahu sekalipun kita semua sepertinya sudah tahu hal yang umum ini. Ketika holywood mengadaptasi sebuah gim menjadi sebuah film kita sudah tahu hasilnya akan seperti apa. Film tersebut akan berakhir dengan mendapat respon negatif dari penonton yang merupakan fanboy gim tersebut ataupun yang bukan. Tapi belakangan tren buruk itu perlahan mulai bergerak ke arah positif. Dimulai dari Angry Birds dan sequelnya mendapat respon positif, lalu juga ada serial The Witcher yang memang originalnya dari novel, tetapi lebih populer ketika sudah menjadi sebuah gim. Dan sekarang giliran Sonic the Hedgehog yang diangkat ke layar lebar. Karakter yang dimiliki oleh Sega yang sudah sejak tahun 2013 lalu ingin di filmkan.


Film Sonic the Hedgehog menceritakan alien dengan bentuk seekor landak biru bernama Sonic (Ben Schwartz) yang dapat berlari secepat kilat dan memiliki kekuatan lainnya yang dia sendiri belum tahu. Ia dibesarkan oleh seekor burung bernama Longneck. Kekuatan besar tersebut memancing makhluk lainnya untuk bisa menggunakan kekuatannya. Hal yang membuat Sonic harus meninggalkan planet asalnya dan menuju ke planet lain untuk bertahan hidup hingga akhirnya sampai ke bumi. Di bumi Sonic pun harus terus berlari dan bersembunyi yang berakhir di kota kecil bernama Green Hills. Di sana Sonic hidup tenang dan damai. Hanya saja dia sendirian yang sering membuatnya kesepian, konsekuensi dari pengasingan dirinya.  Untuk mengisi kesepiannya Sonic pun mengakalinya dengan memantau dan mengamati warga Green Hills. Salah satunya ada Tom Wachowski (James Marsden) yang menjadi orang diidolai oleh Sonic, seorang polisi setempat yang biasa berjaga dengan speed gun-nya yang ingin tantangan lebih dari pekerjaanya yang dari sekedar menjaga jalanan. Ia memiliki istri, bernama Maddie (Tika Sumpter) seorang dokter hewan yang juga diidolai oleh Sonic.



Pada satu kejadian Sonic benar-benar kesepian dan berlari sungguh cepat hingga mengeluarkan energi kuat dan mengakibatkan listrik satu kota padam. Insiden itu pun membuat pemerintah berasumsi jika negara mereka diserang ssuatu dan mencari tahu apa penyebabnya. Ditunjuklah Dr. Ivo Robotnik (Jim Carrey) yang jenius dan aneh untuk menelusuri insiden tersebut. Sonic menjadi terancam dan dia menjadi incaran Dr. Ivo Robotnik setelah keberadaanya terungkap. Satu-satunya orang yang ia percaya di Green Hills adalah Tom Wachowski. Dan akhirnya petualangan mereka berduapun dimulai.



Mendengarkan suara fans dan menunda jadwal rilis untuk merevisi visual karakter Sonic menjadi sebuah keputusan tepat. Sangat disayangkan jika film yang sudah cukup mempunyai cerita yang solid ini mendapat cela karna satu cela (ingat kumis Henry Cavill di Justice League). Yap, plot cerita Sonic the Hedgehog sudah mempunyai fondasi yang solid dan ringan yang memang dibuat untuk bisa diterima penonton anak-anak.


Untuk sebuah cerita origin di film pertama, pengenalan karakter pada pembuka film bisa dibilang berjalan cukup cepat yang membuat penonton yang tidak mengikuti gim-nya sedikit kebingungan. Terlebih informasi yang pada pembuka adegan itu cukup penting seperti siapakah Sonic sebenarnya, mengapa dia dirawat oleh seekor burung tidak terungkap sampai akhir film. Sepertinya plot ini disimpan untuk sequelnya nanti yang memang cukup membuat penasaran.


Cerita yang solid dipadu dengan penampilan ikonik dari Jim Carey yang sangat ekspresif dan komikal membuat jalan cerita berwarna. Tanpa bermaksud mengenyampingkan pemain lainnya, tapi bisa dibilang karakter Dr. Robotnik yang diperankan Jim Carey yang paling mencuri perhatian dalam film ini selain Sonic itu sendiri.


Sonic the Hedgehog bisa dimasukan dalam daftar adaptasi gim yang berhasil memuaskan ekspetasi para fans ataupun penonton yang baru mengenal karakter universe Sonic. Hanya menunggu waktu kita mendengar berita film ini resmi mendapatkan sequel karena  masih banyak plot cerita yang bisa ekplorasi dari universe Sonic ataupun karakter ikonik lainnya yang belum muncul difilm pertama ini.

Overall: 8/10

(By Zul Guci)

Subscribe to this Blog via Email :