Monday, May 11, 2020

ULASAN: TRUE HISTORY OF KELLY GANG


 

Pernah menonton film yang dibintangi mendiang Heath Ledger yang berjudul Ned kelly (2003) ? Film semi-biopik yang menceritakan salah satu cerita antihero Ned Kelly dari Australia tahun 1880 yang sering disandingkan dengan legenda Robin Hood. Sebelumnya tahun 1970 Ned Kelly juga sempat diadaptasi ke film yang dibintagi oleh vokalis Rolling Stone Mick Jagger. Tahun ini sang antihero kembali difilmkan dengan menampilkan sisi lain dan mempunyai cerita jauh berbeda dibandingkan 2 film yang disebutkan diatas berjudul True History of the Kelly Gang.


True History of the Kelly Gang mengambil adaptasi novel berjudul sama yang ditulis oleh Peter Carey. Film yang disutradarai oleh Justin Kurzel (Macbeth, Assasins Creed) dan dibintangi oleh George Mackay (1917, Captain Fantastic) sebagai pemeran Ned Kelly dewasa. lalu pemeran lainnya membawa nama-nama besar seperti Russel Crowe (Robin Hood, American Gangster), Charlie Hunnam (Pacific Rim, The Gentleman), Nicholas Hoult (X-men First Clas, Warm Bodies) dan Thomasin McKenzie (Jojo Rabbit, The King).


Film dibuka dengan masa kecil Ned Kelly yang sudah merasakan bagaimana kerasnya hidup.Keluarga Ned sendiri adalah rakyat Irlandia yang dipaksa migrasi ke Australia oleh pemerintah Inggris. Tinggal jauh dari kota dan selalu menjadi objek diskriminasi polis-polisi lokal sudah menjadi santapan harian Ned kecil dan keluarga yang ditambah dengan sang ayah yang kehilangan perannya sebagai pemimpin rumah tangga di mata keluarganya sendiri. Melindungi Ibu dan adik-adiknya adalah prioritas utama dari Ned.


Ned kecil dipertemukan dengan Harry Power (Russel Crowe) seorang perampok dan pencuri yang berpengaruh membentuk Ned dewasa. Ned dewasa yang awalnya hanya ingin hidup tenang untuk menjadi petani makin banyak mendapatkan diskriminasi terlebih setelah perkenalannya dengan polisi Constable Fitzpatrick (Nicholas Hoult) makin memperburuk keadaan yang membuat Ned sangat membenci polisi semakin menjadi-jadi dan berbuah tindakan kriminal dalam bentuk perampoak dan pembunuhan yang dilakukan oleh Ned yang juga pemimpin gang.


Seperti yang sudah disebut diatas, True History of the Kelly Gang mempunyai cerita yang berbeda dibandingkan dua film sebelumnya. Cerita lebih fokus pada hal apa yang membentuk Ned menjadi orang yang keras dan brutal. Faktor-faktor yang mendorong tindakan kriminal yang dia lakukan. Jadi jangan harap kamu akan melihat sebuah scene perampokan yang keren seperti dua film sebelumnya karena film ini sangat terasa lebih ke drama psikologis yang dibumbui dengan beberapa adegan brutal.


George Mackay cukup tampil maksimal sebagai Ned dewasa, tapi poin lebih layak diberikan kepada Orlando Schwerdt yang memerankan Ned kecil yang hanya muncul 30 menit pertama tetapi sudah memerlihatkan fondasi karakter Ned yang pemberontak dan pemimpin. Russel Crowe yang juga jauh lebih singkat muncul dalam film ini juga berhasil mencuri perhatian. Dan semua seakan disempurnakan oleh penampilan Nicholas Hoult sang antagonis dalam film ini yang sangat jarang kita melihat dia memerankan karakter sangat memancing emosi penonton untuk mengucap sumpah serapah.


True History of the Kelly Gang mempunyai alur cerita yang lambat yang tetap memikat. Meskipun kebenaran dalam film ini masih perlu dilakukan riset sendiri, tetapi film ini menampilkan memberikan sudut pandang yang berbeda mengenai sang tokoh legendaris yang tidak kita temui pada dua film sebelumnya.

Overall: 8/10

NB: True History of the Kelly Gang  sudah bisa ditonton lewataplikasi Klik Film

Subscribe to this Blog via Email :