Tuesday, March 2, 2021

ULASAN: I CARE A LOT



Sebagian besar dari kita pasti membutuhkan waktu yang tidak banyak untuk memutuskan untuk menonton I Care a Lot ketika pertama kali melihat trailernya, termasuk saya tentunya. Penampakan Rosamund Pike pada trailer yang berandil besar kenapa kita sangat tertarik ingin menonton film ini. Lalu ketika membaca premisnya makin menguatkan keinginan menonton filmnya yang mana juga selain Rosamund Pike film ini didukung oleh Peter Dinklage (Game of Thrones, X-men days of Future Past), Eiza Gonzalez (Godzilla vs Kong, Alita:Battle Angel) dan Dianne Wiest (Rabbit Hole, The Mule).



Marla Grayson (Rosamund Pike), seorang advokat sekaligus penipu ulung yang sudah mempunyai jam terbang tinggi. Rasa simpati yang sudah hilang membuatnya tidak pandang bulu dalam memilih korbannya dan menguras habis harta lansia yang harusnya dilindungi. Dengan dukungan pengadilan yang juga berhasil dia manipulasi dan didukung penuh oleh partner sekaligus kekasihnya Fran (Eiza Gonzalez) dengan advokat yang dimilikinya berhasil mengambil hak penuh pengurusan harta lansia. Lansia-lansia ini adalah mereka yang sudah tidak mampu mengurus diri mereka sendiri. Bukannya melakukan pendampingan hukum atas harta yang dimiliki lansia, ia justru merampas harta mereka secara licik.


Seperti kata pepatah, 'Sepandai-pandainya tupai melompat, pada akhirnya akan jatuh juga'. Begitu juga dengan Marla. Penipuan yang dia lakukan membawanya pada situasi terburuk yang pernah dia alami, ketika dia menipu seoramg wanita lansia bernama Jennifer Peterson (Dianne Wiest) yang memancing keluar Roman Luyov (Peter Dinklage) seorang pemimpin  gembong mafia. Kali ini Marla menipu orang yang tidak hanya mengancam reputasi yang sudah dia bangun, namun juga nyawanya.


Seperti yang sudah dibilang diatas, I Care a Lot mempunyai premis yang menarik dan itu terbukti dalam 30 menit pertama dari kita penonton mengenal karakter Marla Grayson sampai menuju plot utamanya. Karakter Marla yang diperankan oleh Rosamund Pike begitu kuat. Karakter Marla yang digambarkan sangat ambisius, serakah, tidak pernah puas, antipati namun teliti yang diceritakan secara naratif. Akan sangat mudah bagi penonton untuk membenci dan mengeluarkan sumpah-serapah pada karakter Marla dan hal itu membuktikan betapa sempurnanya Rosamund Pike memerankan karakter ini.


Namun sayangnya, kekuatan pada Rosamund Pike juga menjadi kelemahan film ini. Arc karakter Marla Grayson  mengapa dia menjadi orang terburuk yang pernah kita lihat tidak dijelaskan. Dari awal sampai akhir penonton akan konsisten membenci karakter ini. Entah J. Blakeson yang menulis naskah dan menyutradarai film ini sekaligus sengaja hanya memperlihatkan sisi buruk dari Marla tanpa repot-repot lagi menggali yang membentuk karakternya seperti itu. Tapi anehnya, justru karakter Roman Ruyov yang posisinya antagonis masih diberikan ruang simpati penonton dibandingkan karakter protagonisnya. 


Terlepas disengaja atau tidak sengaja tidak memberi latar belakang karakter Marla Grayson, I Care a Lot sebuah film yang seperti ingin memperlihatkan yang kuat yang bertahan dan yang lemah sebaliknya. Yang jahat, ya jahat aja. Tidak perlu lagi diberikan rasa simpati. Terlihat seperti menghakimi, dan dalam kehidupan sehari-hari kita sudah melakukan hal itu. I Care a Lot pada akhirnya tidak akan memberikan kepuasan mlelhat performa Rosamund Pike tetapi tidak bagi penonton yang sangat menikmati pengembangan karakter pada sebuah fim.

Overall: 7/10

Subscribe to this Blog via Email :