Monday, June 14, 2021

ULASAN: FAST AND FURIOUS 9




"Mau apa lagi sih sebenernya?". Mungkin pertanyaan itu yang selalu muncul di otak kita sebagai penonton saat setiap seri terbaru Fast and Furious rilis. Dan pertanyaan itu cukup wajar karena memang kita merasa film ini sudah bisa ditutup sejak film ke-6. Tetapi hal itu tidak pernah terjadi ketika respon penonton pada franchise makin naik seiring bertambahnya sequel. Dan sekarang tibalah film ke-9 franchise yang juga menjadi bagian pertama dari trilogi terkahir seri ini (katanya). Yap, Fast and Furious sudah. direncanakan akan mempunyai film ke-11.


Masih dibintangi oleh Vin Diesel sebagai Dominic Torreto, Michele Rodriguez, Tyrese Gibson, Ludarics, Jordana Brewster. Lalu villain utama di film ke-8 yang diperankan oleh Charlize Theron kembali muncul. Dan cast baru ada John Cena yang manambah daftar villain utama pada seri ke-9 ini. Justin Lin kembali di kursi sutradara setelah absen di dua film terakhir. Ini adalah film ke-5 F&F yang disutradarai oleh Justin Lin dari keseluruhan franchise (akan ada film-ke6).


Melanjutkan langsung setelah kejadian  film ke-8, Dom Torreto sudah ingin berhenti terlibat aksi kejar-kejaran ataupun misi-misi menyelamatkan dunia. Dom hanya ingin fokus merawat anaknya. Tapi seperti film-film sebelumnya, Dom dan tim harus kembali beraksi ketika tahu ancaman kali ini datang bukan dari semabarangan orang, tetapi ancaman kali ini datang dari Jakob Torreto (John Cena). Adik kandungnya sendiri. Sebuah fakta yang tidak pernah dia beritahu kepada timnya, bahkan pada kekasihnya Letty (Michelle Rodriguez). Bisakah kali ini Dom kembali menyelamatkan dunia dan harus berhadapan dengan adiknya sendiri sebagai musuh? Pertanyaan yang rasanya sangat mudah dijawab.


Untuk kamu yang sudah mengikuti seri F&F dari film pertama pasti sudah menemukan perubahan drastis seri dari yang awalnya hanya bercerita tentang balapan liar menjadi sebuah film action kejar-kejaran menyelamatkan dunia yang tidak logis atau tidak masuk akal lagi. Perubahan yang sangat kontras bukan? Jadi rasanya alasan kita untuk menonton setiap seri terbaru F&F bukan lagi mengharapkan plot cerita yang solid, tetapi lebih ingin mendapatkan sebuah paket tontonan yang menghibur tanpa harus berpikir keras mengenai cerita. Hal itu yang akan kamu dapatkan pada seri ini. Action yang lebih besar dibandingkan seri-seri sebelumnya yang puncaknya perjalanan ke luar angkasa dengan sebuah mobil. Ya kamu tidak salah baca, ke luar angkasa dengan mobil..


Untuk karakter-karakternya sendiri tidak ada yang menonjol diantara karakter lainnya. Jikapun ada yang menarik perhatian adalah karakternya Roman Pearce yang menjadi ciri khas karakternya mengeluarkan joke atau banyolan yang memancing tawa. Namun hal itu sudah pernah kita lihat di film-film sebelumnya. sementara untuk John Cena sendiri ada di film ini seperti dibutuhkan untuk menarik minat penonton dibandingkan dibutuhkan untuk kepentingan cerita. Setidaknya itu berhasil. Melihat Cena bergulat dengan Vin Diesel bisa diartikan semacam pelipurlara tidak terlibatnya lagi sama sekali Dwayne Johnson.


F9 ini akan menjadi tontonan paling menghibur yang bisa kamu tonton jika kamu menyingkirkan hal-hal logis atau berekspetasi plot cerita yang lebih baik sebelum menonton. Tidak perlu meperlihatkan kepintaran kamu dengan mencatat banyak tidak masuk akalnya adegan action demi adegan actionnya. Dalam universe F&F ini Abert Eisntein adalah orang terbodoh yang pernah dilahirkan. Dan saya ada pada sisi penonton yang sudah menyingkirkan semua hal logis ataupun memikirkan plot cerita yang membuat saya menimati setiap momen-momen actionnya yang luar biasanya tidak nanggung-nanggung. Saya masih ingin menonton sequelnya sampai berapapun yang akan diproduksi

Overall: 7/10

Subscribe to this Blog via Email :