Friday, November 26, 2021

ULASAN: FOLLOW ME



Film-film atau series yang bertema sebuah permainan yang dengan kosekeunsi kematian sepertinya sedang menjadi tren yang dibidik oleh studio-studio film. Yang teranyar ada Squid Game yang sukses besar, selain itu ada Alice in Borderland, itu untuk series. Sementara untuk film ada Escape Room, The Hunt atau Ready or Not. Dan yang terbaru ada Follow Me. Film yang sudah tayang sejak tahun lalu secara internasional namun baru mendapatkan kesempatan tayang tahun ini di bioskop-bioskop Indonesia. Konsep yang diambil permainan Escape Room dan memasukan unsur toxic influecer dalam bermedia sosial.

Follow me yang mempunyai judul asli No Escape ini bercerita tentang Cole (Keegan Allen), seorang vlogger dengan belasan juta followers yang sukses karena selalu mencoba tantangan baru. Sampai suatu saat ia mendapat undangan tantangan untuk bisa lolos dari lokasi yang penuh misteri yang berada di Rusia. Tantangan yang disanggupi oleh Cole dan teman-temannya yang awalnya mengira akan mendapat kesenangan ini, perlahan berubah menjadi mimpi buruk ketika satu-persatu teror muncul mengancam nyawa mereka.

Sutradara Will Wernick sepertinya belum puas mengeksplorasi dari permainan Escape Room, karena di film pertamanya sang sutradara yang juga menulis filmnya sendiri ini menjadikan Escape Room sebagai pondasi cerita. Hanya saja untuk Follow Me, Wernick memasukan unsur media sosial di dalam ceritanya. Formula yang ada pada film Follow Me hampir sama dengan sebagaian besar film-film berjenis ini. sekelompok orang yang terjebak pad situasi harus menyelesaikan permainan dengan konsekuensi kehilangan nyawa jika gagal. Tapi untungnya Wernick cukup pintar meramu formula yang sudah banyak dipakai ini dan mampu membawa penonton merasakan segala unsur ketegangan dalam film ini.

Secara garis besar plot cerita memang tidak ada yang sesuatu yang istimewa, namun Wernick sedikit mengeksplorasi karakternya. Untuk sebuah film survival hal ini sangat jarang dilakukan. 30 menit pertama  wakttu yang cukup lama untuk pengenalan karakter sebelum menuju konflik utama. Selain itu film yang sangat berpotensi kental akan gore ini juga dibawa sedikit lebih ramah yang akan memunculkan pertanyaan. Namun hal itu terjawab di akhir film yang menjadikannya beralasan.

Follow Me hadir dengan konsep yang sudah banyak kita lihat dalam film-film sejenis. Jika kamu tidak berekspetasi macam-macam dan membandingkan film ini dengan film bertema escape room lainnya, percayalah film ini sangat menghibur dari yang kamu duga.

Subscribe to this Blog via Email :