Wednesday, December 29, 2021

ULASAN: RESIDENT EVIL 'WELCOME TO RACCOON CITY'



Seburuk-buruknya respon negatif akan 6 film sebelumnya, namun tak bisa dipungkiri jika franchise Resident Evil adalah salah satu franchise hollywood tersukses. Dari 6 film yang dirilis semuanya mendulang sukses secara pemasukan. jJdi ketika Resident Evil generasi Mila Jovovich selesai, hanya tinggal menunggu waktu saja franchise ini kembali ke layar lebar, terlebih gamenya sendiri juga masih melanjutkan sequel-sequel game bertema zombie ini. Berselang 5 tahun sejak Resident Evil: The Final Chapter, sekarang hadir film pertama dari generasi baru franchise ini dengan sub title "Welcome to Raccoon City"

Dibuka dengan pengenalan masa kecil karakter Chris dan Claire Redfield yang tinggal di panti asuhan, penonton dibawa memasuki Raccoon City tempat bermarkas dan uji coba ilmiah perusahaan korporat Umbrlella. Setelah itu waktu melompat ketika Chris (Robbie Amell) dan Claire (Kya Scodelario) sudah dewasa yang melarikan diri dari Raccoon City. Claire kembali ke kota tersebut untuk menemui kakaknya. Namun Claire kembali di waktu yang salah, tanpa dia ketahui malam ketika dia kembali adalah malam terakhir kota tersebut akan menjadi tempat bencana, di mana warga-warga kota yang terkontaminasi hasil limbah Umbrella berubah menjadi sesuatu yang mengerikan dan esok pagi kota tersebut akan dibumihanguskan. Berpacu dengan waktu dalam usahanya untuk keluar kota, Claire menemukan rahasia busuk yang disembunyikan oleh Umbrella selama ini.

Untuk penonton yang memainkan game ini, sangat mudah untuk kita mengenali plot cerita dalam seri terbaru ini adalah gabungan plot cerita game pertama dan kedua. Dan itu sesuatu hal yang positif. Narasi cerita berjalan secara pararel dari dua lokasi berbeda untuk membagi dua plot cerita yang ada pada game adalah pilihan terbaik. Bagaiamana menekanakan cerita unsur horor sangat terasa, sesuatu hal yang tidak kita dapatkan pada Resident Evil sebelumnya yang menekanakan pada unsur actionnya.

Paruh pertama set-up plot cerita yang sebenarnya cukup rapi, entah kenapa pertengahan sampai akhir menjadi kedodoran, tidak konsisten, semuanya seakan terburu-buru. Terutama pengembangan karakternya. Yang sangat terlihat sangat kontras ya pengembangan karakter Albert Wesker (Tom Hopper )yang perubahan karakternya benar-benar aneh. Belum lagi final act-nya yang harusnya bisa sedikit menyelamatkan, hal itu juga tidak bisa dimakismalkan dengan baik. Efek dari semua itu ya ketika mid-credit scenennya muncul, penonton tidak merasakan antusiasnya lagi meskipun yang dimunculkan pada mid-credit scene itu karakter populer.

Resident Evil: Welcome to Raccoon City mempunyai set-up yang baik pada babak pertamanya yang sayangnya tidak bisa dipertahankan untuk babak kedua dan ketiganya. Sangat disayangkan, materi plot cerita sebenarnya sudah sangat mejanjikan, hanya saja tidak mampu dimaksimalkan yang berkibat film ini serba nanggung.

Overall: 6/10

Subscribe to this Blog via Email :