Wednesday, March 23, 2022

ULASAN: THE BAD GUYS




DreamWorks Animation kembali mencoba membangun franchise. Setelah sukses dengan franchise seperti Shrek, Kungfu Panda, Madagascar dan The Boss Baby. Kini DreamWorks Animation mencoba mengangkat ide cerita dari adaptasi buku anak-anak berjudul The Bad Guys karangan dari Aaron Blabey. Potensi adaptasi buku ini menjadi franchise sangat besar karena bukunya sendiri memiliki 15 volume. Sekarang tinggal menungu respon apakah film pertama ini bisa diterima dengan baik oleh penonton atau tidak. Disutradarai oleh Pierre Perifel yang juga merupakan debutnya di film panjang. Naskahnya sendiri ditulis Etan Cohen (Tropic Thunder, Idiocracy) dan Hilary Winston.



The Bad Guys menceritakan satu kelompok kejahatan yang paling terkenal ‘The Bad Guys’. Sebuah kelompok yang menjadi dalang setiap pencurian-pencurian besar yang bertahun-tahun selalu berhasil menghindari penangkapan dan menjadi penjahat yang paling dicari oleh pihak kepolisian. Namun hanya menunggu waktu saja ketika akhirnya mereka tertangkap, Mr. Wolf (Sam Rockwell), Mr. Snake (Marc Maron), Mr. Shark (Craig Robinson), Mr. Piranha (Anthony Ramos) dan Mrs.Tarantula (Awkwafina). Didasari sebuah kesempatan yang tidak terduga ketika tertangkap, The Bad Guys membuat kesepakatan bahwa mereka akan menjadi orang baik sebagai imbalan kebebasan mereka.



Dibuka dengan adegan pembuka yang mengingatkan dengan adegan pembuka Pulp Fiction, penonton akan langsung dibawa dengan berkenalan dengan 5 anggota The Bad Guys. Dari narasi yang disampaikan Mr. Wolf kita sudah bisa mengetahui bagaimana problematika yang dihadapi karakter-karakternya. Mereka menjadi korban persepsi atau generilisasi negatif karena rupa mereka. Perbuatan yang baik adalah sesuatu yang mustahil. Setidaknya itulah anggapan publik. Sebuah sindiran dan pesan yang hendak disampaikan oleh filmnya dan cukup relevan. Kenyataannya kita memang hidup dalam lingkaran seperti itu. Pesan yang cukup kuat dan serius namun disampakan dengan pengemasan komedi dan aksi.


Kental dengan elemen-elemen 'heist movie', The Bad Guys seperti Ocean Eleven versi animasi. bahkan persona dari karakter Mr. Wolf semacam tribut untuk karakter Danny Ocean (George Clooney) di Ocean Eleven. Elemen 'heist movie' itu dikombinasikan dengan komedi yang  efektif dan sering mengocok perut. Film heist movie tidak lengkap dengan twist-twist dibalik sebuah rencana juga bagian menarik dari animasi ini. Penonton sudah tahu akan adanya twist, tapi apa dan bagaimana, cukup menggelitik penonton untuk menebak-nebak.


Plot cerita tentang penjahat yang ingin berbuat baik memang  sudah pernah kita temui lewat Despicable Me, Megamind atau Wreck-it Ralph. Tapi mengemasnya  dalam konsep heist movie? Mungkin belum banyak. Dan ketika arus animasi pada saat ini lebih banyak berjenis 3D, hadirnya The Bad Guys dengan animasi 2D memberi daya segar tersendiri pada penonton. 

Overall: 7,5/10

Subscribe to this Blog via Email :