Wednesday, July 27, 2022

ULASAN: DC LEAGUE OF SUPERPETS


Untuk urusan timeline universe Marvel memang sudah meninggalkan jauh DC Comics. Namun untuk bagian animasi bisa dibilang sebaliknya, DC unggul jauh dari Marvel. Walaupun animasi tersebut sebagian rilis secara digital, tapi tidak bisa dipungkiri jika animasi produksi DC jauh lebih berbobot secara kualitas dibandingkan Marvel. Lalu bagaimana dengan animasi yang rilis di bioskop? Marvel sudah berjalan dengan Into the Spider-Verse, DC dengan langkah berbeda lebih mengejar target penonton anak-anak dengan DC League of Superpets yang membawa nama-nama besar sebagai sutradaranya seperti Dwayne Johnson, Kevin Hart, Olivia Wilde, John Krasinski, Kate McKinnon, Diego Luna Luna hingga Keanu Reeves.

Seperti judulnya DC League of Superpets, film ini menceritakan Krypto (Dwayne Johnson) yang ikut dalam pesawat penyalamat bersama Kal-El bayi saat planet Krypton hancur. Sejak itupun Krypto menjadi anjing yang selalu setia sampai akhirnya Kal-El bertransformasi menjadi Clark Kent/Superman (John Krasinski). Bahkan Krypto juga ikut terlibat dalam banyak aksi Superman. Hadirnya Lois Lane (Olivia Wilde) membuat Krypto merasa tersingkirkan. Di saat bersamaan Lex Luthor (Mark Maron) melancarkan serangannya untuk menghancurkan Justice League yang gagal namun berhasil dilanjutkan hewan peliharaanya Lulu (kate McKinnon) yang berhasil melumpuhkan semua anggota Justice League. Dan semua sekarang tergantung dengan Krypto yang dibantu oleh hewan-hewan peliharannya yang tidak sengaja mendapat kekuatan karena Lulu. 

Sama halnya yang kita lihat di trailer, isi cerita DC League of Superpets sangat menonjolkan sisi komedinya yang dibalut dengan tema persahabatab. Sebuah tema yang sudah semacam menjadi cetak biru film-film animasi hollywood tentang hewan yang sudah sangat sering kita jumpai. Yang menjadi perbedaan dan keunggulan dari film ini tentu saja alternatif DC universenya itu sendiri. Segala hal kekonyolan yang tidak akan pernah kita lihat di versi live actionnya ini akan banyak mengundang tawa. Yang paling kental dan sangat ekspresif dari komedinya sendiri adalah jokes dengan refrensi pop culturenya. Sangat sering kita temukan guyonan mengenai karakter-karakter DC lainnya atau bahkan Marvel sekaligus. Di satu sisi penonton yang menangkap refrensi (mayoritas penonton usia remaja ke atas) selalu tertawa ketika jokes itu muncul, namun untuk penonton anak-anak yang menjadi target filmnya sendiri mngkin akan sulit menemukan unsur komedi ini.

Dari pengisi suara sendiri Dwayne Johnson yang sudah mampu memberikan energi karakternya pada  Krypto semakin lebih bernyawa ketika diduetkan Kevin Hart yang mengisi suara Ace. Kemistri Dwayne Johnson dan Kevin Hart yang sudah terjalin di beberapa film sebelumnya semakin terasa dalam film ini. Buat saya sendiri yang paling menarik perhatian dari hal pengisi suara adalah Keanu Reeve yang mengisi suara Batman. Suara Batman yang berat dan dalam dibarengi dengan kekonyolan salah titik tawa terkencang saya keluarkan dalam film ini. Saya tidak kaget jika nanti sampai ada film spin-off dari karakter Batman dalam universe film ini.

DC League of Superpets memang tidak mempunyai hal yang luar biasa dari hal cerita yang bahkan tema seperti ini sudah sangat sering kita jumpai, namun menghadirkannya dalam konsep universe superhero memberika rasa segar tersendiri. Humor atau jokesnya memang terkedang terjebak yang hanya bisa diikuti oleh penggemar pop culture, namun secara keseluruhan ceritanya yang ringan sangat akan mudah diterima penonton anak-anak.

Overall: 7/10

(By Senandika Dalu)



Subscribe to this Blog via Email :