Monday, July 25, 2022

ULASAN: WAY DOWN






Tidak bisa dipungkiri film bertema heist adalah salah satu tema film yang sudah sering didaur ulang dan akan selalu menarik minat penonton. Meskipun hampir sebagian polanya film-film berjenis heist ini hampir sama, namun proses atau eksekusi heist yang membuatnya bisa berbeda dari heist film lainnya. Kali ini hadir film heist lainnya. Film yang yang dibintangi oleh Freddie Highmore, Lim Cunningham, Sam Riley dan Astrid Berges-Frisbey. Film heist dengan latar negara Spanyol disutradarai oleh Jaume Balaguero, sutradara yang yang sebelumnya kita kenal lewat film horror zombie 'Rec'dan sequel-sequelnya.



Walter (Liam Cunningham) adalah seorang pemburu harta karun dari kapal-kapal yang karam. Saat menemukan barang yang ia incar selama ini, kepolisian lepas pantai Spanyol muncul dan menyita peti tersebut atas dasar menyalahi aturan wilayah laut. Pemerintah menaruhnya di tempat teraman di dunia, Bank Spanyol. Bersama 4 orang lainnya, Walter membentuk  tim termasuk Thom (Freddie Highmore), seorang jenius engineering; Walter berniat membobol bank terman di dunia tersebut dan mengambil kembali miliknya.


Untuk yang mengikuti heist series Money Heist pasti sudah sangat familiar dengan Bank Spanyol. Sistem keamanan yang kita temui pada series itu juga akan ditemui dalam film ini. Tetapi seperti yang sudah saya sebutkan di atas, yang membedakan film heist dengan film lainnya adalah prosesnya. Dan tak satupun proses pembobolan dalam Way Down sama dengan Money Heist. Tidak seperti Money Heist yang memakai latar waktu pada saat ini, Way Down memilih tahun 2010 saat pergelaran piala dunia sebagai latar waktu. Memanfaatkan keramaian suporter saat nobar di depan Bank Spanyol kita akan melihat adu taktik dan kejeniusan. Dan ini dieksekusi dengan sangat baik oleh Jaume Balaguero yang banyak memberikan momen-momen thrilling. Percayalah, sebanyak apapun kamu meonton film bertema heist movies, kamu akan masih akan merasakan momen thrilling dalam proses pembobolan Bank Spanyol. Proses atau pembobolan Bnak Spanyol adalah bagian terbaik dalam film ini.


Jika film ini masih bisa berhasil dalam memberikan sensasi menegangkan proses heistnya, namun sayang tidak pada sisi lainnya. Selain proses pembobolan, pola yang kita temui dalam film-film heist lainnya akan kita temui dalam film ini atau bisa dikatakan klise. Seorang yang pintar pada satu hal direkrut dalam tim, pembobolan, lalu ada yang berkhianat. Tidak ada improvisasi pada pola yang sangat mudah ditebak ini. Bahkan menggunakan piala dunia 2010 sebagai latar belakang juga kurang terasa maksimal. Memakai pertandingan yang sudah kita ketahui hasilnya dan panjangnya waktu pertandingan. Saaya sepat mengharapkan komplotan heist akan membelokan situasi pertandingan yang sudha kta ketahui hasilnya seperti film The Conman (1998) yang dibintangi oleh Andy Lau yang menyabotase final piala dunia 1998 antara Perancis vs Brazil.


Dengan segala kekurangannya Way Down masih mampu menghadirkan sebuah film heist yang menghibur. Jika kamu bisa menepis segala bentuk klise dalam film ini, maka dijamin bisa jadi ini film heist terbaik yang pernah kamu tonton.

Overall: 7/10

(By Senandika Dalu)


Subscribe to this Blog via Email :