Thursday, October 27, 2022

ULASAN: LYLE, LYLE, CROCODILE













Natal masih sekitar sebulan lebih lagi, namun film-film bertema keluarga yang sering kita temui di momen tersebut mulai bisa kita temui di bulan Oktober ini. Salah satunya Lyle, Lyle Crocodile, film yang diadaptasi dari buku anak-anak berjudul sama karangan Bernard Waber. Lyle, Lyle, Crocodile adalah film musikal komedi yang menggabungkan karakter CGI dengan karakter live action. Distradarai oleh Will Speck dan Josh Gordon, yang sebelumnya pernany menyutradarai film bertema natal lainnya berjudul Office Christmas Party (2016). Shawn Mendes yang lebih kita kenal sebagai penyanyi ikut andil dalam film ini menjadi pengisi suara Lyle, karakter buaya di film ini. Selain Mendes, film musikal ini juga dibintangi oleh Javier Bardem, Constance Wu, Winslow Fegley, dan Scoot McNairy.


Lyle, Lyle, Crocodile bercerita tentang Lyle (Shaw Mendes), seekor buaya yang bisa bernyanyi yang ditemuan oleh pesulap gagal Hector P. Valenti (Javier Bardem). Lyle hanya bisa berkomunikasi dengan cara bernyanyi. Titik balik indah yang direncanakan oleh Hector membawa Lyle dikenal ke publik gagal total ketika Lyle demam panggung pada saat pementasan. Lyle ditinggalkan di rumah kosong yang sebelumnya dimiliki oleh Hector. Pada suatu hari, rumah tersebut dihuni oleh keluarga baru yang tidak tahu dengan keberadaan Lyle di sana. Dimulai dari perkenalannya dengan Josh (Winslow Felgley), anak pemilik rumah baru. Perlahan Lyle yang awalnya ditakuti bisa mendapat kepercayaan keluarga Josh dan dianggap bagian dari keluarga. Namun semua momen indah itu terganggu dengan kembalinya Hector.


Sedari awal yang kita tahu, film ini sendiri merupakan adaptasi buku anak-anak. Jadi jangan terlalu dipikirkan kenapa Lyle bisa menjadi satu-satunya buaya yang bernyanyi. Hilangkan sejenak bagian tidak logis tersebut selama kamu menonton film ini karena target utama film ini memang untuk anak-anak. Film yang mempunyai alur cerita yang sangat ringan ini tidak berbelit-belit daal penyampaian ceritanya. Yang menjadi inti dari film ini yang menghubungkan semua karakter adalah kurangnya rasa percaya diri, dan Lyle menjadi benang merah bagaimana keluarga Joss bisa mendapatkan rasa percaya diri tersebut.


Alur cerita yang ringan dibalut dengan musik dan lagu-lagu sesuai porsinya. Banyak momen pada setiap adegan musik atau lagu berkumandang akan membuat kita penonton secara reflek minimal ikut mengetuk pegangan kursi dengan jari ketika menontonnya di bioskop. semuanya juga didukung dengan penampilan pemainnya terutama yang sangat menarik perhatian saya tentu saja ada pada Javier Bardem. Tidak sering kita bisa melihat Javier Bardem bermain dalam film ringan atau bertema keluarga seperti ini. Dengan lebih sakadar performa komikal, kehadiran Javier Bardem sebagai Hector dalam film ini seakan menjadi kompas moral.


Lyle, Lyle, Crocodile memang film keluarga yang sangat formulatic. Namun hal itu yang memang menjadi tujuannya.. Sebuah film drama keluarga yang bisa memberi efek heartwarming setelah menontonnya. Sebuah pilihan tepat menontonnya bersama keluarga dan sangat direkomendasikan menontonnya di biokop agar mendapata visual dan sound yang maksimal.

Overall: 7/10

Subscribe to this Blog via Email :