Saturday, April 15, 2023

ULASAN: 65




Film yang sempat menjadi antisipasi setelah merilis trailernya yang dibintangi oleh Adam Driver ini akhirnya tayang juga. Film bertema sci-fi tentang seorang alien yang terdampar di bumi 65 juta tahun lalu ini mempunyai premis yang menarik. Disutradarai duo Scott Becks dan Brian Woods yang juga merangkap menulis naskahnya. Duo orang yang sama menulis A Quiet Place mencoba peruntungannya kembali dalam film dengan konsep survival.


Sebuah pesawat dari planet Somaris dengan teknologi yang sangat maju terdampar di planet asing yang ternyata Bumi. Bumi pada masa 65 jutahun itu masih diisi oleh binatang prasejarah. Alien yang berbentuk manusia dan bisa bahasa inggris ini  harus bertahan di Bumi masa prasejarah yang keras agar bisa kembali pulang. Seperti itulah plot cerita yang dibawa oleh film berjudul 65 ini. Mereka menceritakan ulang bencana alam yang memusnahkan dinosaurus lewat kacamata alien yang tidak sengaja terdampar ke Bumi.


Punya premis yang menarik, namun film 65 tidak memberi banyak ekplorasi pada plot ceritanya. Film akan berfokus pada perjuangan 2 karakter utama film untuk selamat. Namun meskipun film bersetting 65 juta tahun lalu, visual bumi yang ditampilkan tidak menampakan bumi yang cukup berbeda dari yang sering kita lihat di film-film dengan setting di hutan modern. Satu-satunya informasi jika itu bumi 65 juta tahun lalu itu adalah adanya jenis-jenis makhluk dinosaurus. Tidak lebih.


Adam Driver sebenarnya cukup mampu tampil prima di film ini. Namun sayangnya minimnya kreasi pada naskahnya tidak bisa membawa lebih jauh lagi dari sekadar tampil prima. Memang kemistrinya dengan lawan mainnya Ariana Greenblatt merupakan selipan drama dalam film ini sempat cukup menarik perhatian, tapi penonton ingin sesuatu yang lebih dari itu. Untuk apa membuat film dengan setting dengan 65 juta tahun lalu, namun tidak banyak ekplorasi yang dilakukan. Bahkan momen perjalanan tim film ke pulau Skull Island dalam film King Kong (2005) jauh terlihat lebih berbahaya dan lebih primitif deibandingkan setting 65 juta tahun lalu bumi di film ini.


Indikasinya kecilnya budget film ini terlihat dari visualnya yang biasa-biasa saja. Momen-momen aksi dan thriller memang sedikit memberi efek kejut pada penonton, namun tidak terlalu banyak menyelamatkan film ini. Sngat disayangkan memang di sat filmnya sendiri sudah punya modal premis yang snagat menarik.


Overall: 5/10

Subscribe to this Blog via Email :