Sunday, April 9, 2023

ULASAN: THE POPE'S EXORCIST


Film bertema exorcist atau pengusiran setan rasanya sudah sangat banyak kita temui. Baru-baru ini dari film lokal kita disuguhi film exorcist yang menggabungkan horror dan action lewat film Qodrat. Sekarang, kali ini hollywood juga mengahdirkan kembali tema ini dengan membawa nama besar Russel Crowe untuk membintanginya. Dan membuat film ini menarik, The Pope's Exorcist adalah film horror pertama yang dibintangi oleh Russel Crowe.

Dibuka dengan sebuah opening sequence yang cukup menggigit, The Pope's Exorcist bercerita tentang Pastor Gabriele Amorth (Russel Crowe) menyelidiki kasus kerasukan yang menimpa Henry (Peter DeSouza-Feighoney), putra dari Julia (Alex Essoe) yang datang dari Amerika Serikat bersama anak perempuannya, Amy (Laurel Marsden) di Biara St. Sebastian di Castile, Spanyol. Setelah mengamati iblis yang merasuki Henry, Pastor Armoth terkejut  dengan iblis yang dia hadapi. Iblis yang dihadapi jauh lebih pintar, licik dan lebih kuat dari semua iblis yang pernah dihadapinya selama ini. Di tengah-tengah mencoba mencari cara untuk bisa mengalahkan iblis tersebut, Pastor Armoth menemui sebuah fakta tentang biara tempat keluarga Henry berdiam. Sebuah fakta yang berhubungan erat dengan sang iblis yang merasuki Henry.

Untuk sebuah film dengan tema exorcist, The Pope's Exorcist tidak terlalu menawarkan sesuatu yang baru. Tentang satu keluarga yang baru pindah, menemui pengalaman mistis yang membuatnya harus berurusan dnegan hal supranatural dan lalu sang pastor datang sebagai penyalamat. Kelebihan film ini ya karena filmnya diangkat dari kisah nyata meskipun keabsahan dari kisah nyatanya mungkin sudah dibumbui banyak dramatisasi untuk kepentingan hibura. Namun hal itu juga belum bisa membuat film tampil memesona. Plot cerita yang sangat biasa tanpa ada gebrakan tertentu.

Dari unsur horrorpun film ini tergolong gagal. Entah karena memang ingin enguatkan pada unsur exorcistnya atau bagaimana, namun dengan memberi film ini sebagai film horror dalam promosinya tentu saja cukup mengecewakan bagi penonton yang mengharapkan ini film horror.tetapi untungnya di tengah-tengah plot cerita yang biasa dan horror yang gagal itu, penampilan Russel Crowe sedikit mampu menggendong film ini. Karakternya sebagai Pastor yang sedikit memberontak dari aturan yang ada memberi sedikit energi pada film ini. Untuk sekilas, karakter Pastor Arboth mengingatkan dnegan John Costantine.

Secara keseluruhan The Pope's Exorcist bukanlah film horror yang istimewa. Minim kreasi eksplorasi karakter ataupun plot cerita yang mencoba mencari aman dengan memakai pakem tema exorcist yang ada, namun justru membuat filmnya seidkit membosankan. Untungnya penampilan Russel Crowe cukup ampu membuat kita bertahan sampai akhir di kursi bioskop.


Overall: 5/10

Subscribe to this Blog via Email :