Monday, May 22, 2023

TAMPIL BEDA DENGAN HORROR KEBANYAKAN, FILM HORROR JIN KHODAM MENAWARKAN UNSUR RELIGI YANG KUAT



Arus film horror lokal sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat. Terlihat setiap minggu selalu ada film horror baru yang tayang. Di tengah-tengah keseragaman film horror tersebut hadirlah 'Jin Khodam', sebuah fim horror yang mencoba menawarkan hal yang berbeda dengan horror kebanyakan, yaitu usur religi yang kuat. Di produksi oleh Mercusuar Films dan 786 Production film Jin Khodam dijadwalkan mulai tayang 25 Mei 2023 di bioskop-bioskop.

Dibintangi oleh nama-nama yang cukup dikenal oleh publik seperti Boy Hamzah, Haviza Devi Anjani, Ray Sahetapy, Egi Fedly, Kukuh Prasetyo, Ayu Dyah Pasha dan Widi Dwinanda, Sementara kursi sutradara diduduki oleh Tema Patrosza dan Dedy Mercy. Llau naskahnya ditulis oleh Ahmad Madani dan Imam Salimy. Pada debut penayangannya sendiri yang berlangsung tanggal 22 Mei 2022 di depn khalayak media, filmnya mendapat respon positif. Itu terlihat dan terdengar bebeapa kali penonton ikut bertepuk tangan pada momen-momen tertentu pada saat film berlangsung.

Bercerita tentang Bagas (Boy Hamzah) pulang ke kampungnya setelah sekian lama di pondok pesantren untuk menghidupkan kembali kegiatan keagamaan serta meluruskan Kembali norma sosial yang sudah hilang di kampungnya. Dia ditemani dengan sahabatnya, Ayu dan Hadi. Tapi usaha Bagas itu mendapat pertentangan yang ekstrem dari Wirya, orang kaya di kampungnya, sebab dirasa mengganggu kepentingan mereka. Akhirnya Wirya dan anak buahnya bersepakat untuk menyingkirkan Bagas, dengan dibantu enam orang lainnya mereka mempersekusi Bagas hingga tewas. Jenazah Bagas lalu dibuang ke sungai di bawah jembatan. Tapi alangkah terkejutnya mereka, dari masjid terdengar shalawat Asyghil yang biasa dilantunkan Bagas Ketika menjelang azan subuh. Mereka penasaran dan langsung mendatangi masjid. Mereka ketakutan melihat Bagas yang ternyata masih hidup! Mereka semakin ketakutan ketika dua orang diantara mereka ditemukan tewas dengan sangat mengerikan. Sejak itulah teror Bagas yang selalu mengendarai sepeda dan membunyikan belnya menghantui mereka.


Dedy Mercy selaku sutradara dan produser film mengatakan bahwa konsep film Jin Khodam ini adalah antitesis dari film horror pada umumnya. Menyuguhkan sebuah konsep ceirta yang jujur dan dekat dengtan masyarakat. Dedi Mercy menambahkan untuk membuat plot cerita menarik, dalam penceritaanya dinarasikan secara horizontal dan vertikal untuk menjaga konflik cerita menjadi berimbang. Penasaran? Saksikan sendiri Jin Khodam di bioskop-bioskop mulai tanggal 25 Mei 2023.



Subscribe to this Blog via Email :