Thursday, August 3, 2023

ULASAN: MEG 2 'THE TRENCH'



Sejak film pertama tayang 2018 lalu, film sci-fi ini mempunyai daya pikatnya tersendiri, yaitu kehadiran dari Jason Statham. Menyatukannya dengan hiu Megalodon yang terdengar rancu justru menjadi sesuatu yang menarik. Bukti sahihnya adalah keuntungan film pertama yang mencapai hampir dua kali lipat dari budget produksi. 5 tahun berselang hadir sequelnya. Kali ini Jason Statham tidak sendiri, ada aktor laga hongkong Wu Jing ikut andil kali ini. Kursi sutradara juga berpindah dari Jon Turtelaub ke Ben Wheatley. 

Melanjutkan apa yang seperti kita tonton pada film pertama, 5 tahun berselang Jonas Taylor (Jason Statham) dan sejumlah ilmuwan kembali lagi pergi ke lautan paling dalam untuk melakukan penelitian. Tidak tanggung-tanggung salah satu penelitian untuk bisa mengendalikan Megalodon. Di tengah perjalanan penelitian itu mereka terganggu karena adanya pertambangan ilegal yang membuat sejumlah makhluk laut mengerikan muncul, termasuk megalodon. Dan kali ini Jonas tidak hanya mengahadapi megalodon, namun juga manusia-manusia rakus yang mempunyai kepentingan tersendiri.


Jika pada film pertama film terasa terfokus pada Megalodon, untuk film kedua sendiri fokus terpecah karena hadirnya teroris-teroris yang menjadi halangan tambahan pada Jonas pada film kedua ini. Hal itu membuat elemen kental thriller pada film pertama sedikit berkurang. Momen thriller yang benar-benar cukup terasa pada film kedua ini pada saat Jonas dan tim berjalan di bawah kedalaman laut menuju stasiun bawah laut. Selebihnya? Kita seperti melihat film yang berbeda.


Paduan anatara Jason Statham dan Wu Jing untuk sesaat cukup berhasil, kombinasi mereka berdua yang bahu-membahu untuk bisa selamat cukup mampu membuat penonton terhibur, namun di sisi lainnya hal itu cukup dirusak dengan dialog-dialognya yang dangkal dan chessy. Penulis naskah seperti malas hanya untuk sekadar bisa menyajikan padanan dialog yang lebih terasa pas.


Untuk secara keseluruhan dan kualitas  Meg 2: The Trench tidak sebaik film pertamanya. Megalodon yang tidak terlalu mendapat spot utama sedikit menyalahi esensi utama franchise ini. Ya meskipun dari segi aksi masih cukup menghibur. Menonton film ini sebaiknya ditonton bersama teman-teman yang bisa jadi menertawakan segala ketidaklogisan film kedua ini.

Overall: 6/10

Subscribe to this Blog via Email :