Friday, July 21, 2023

ULASAN: OPPENHEINMER




Hype itu makin melambung ketika film terbaru Christopher Nolan, Oppenheinmer tayang. Ekspetasi bermacam-macam pun hadir. Seat terbaik untuk bisa menonton film ini sangat diprioritaskan oleh penonton. Nama sutradara satu ini memang magnet tersendiri untuk para penonton hadir ke dalam bioskop. Lalu apakah menjawab ekspetasi dari penonton biopik pertama dari Christopher Nolan ini? 


Ketika sebuah biopik seorang fisikawan ternama digarap oleh sutradara yang terkenal dengan obsesinya ke struktur cerita. Ya itulah ekspektasi yang harus diset ketika ingin menonton film ini. Bayangin film biografi yang identik dengan penjabaran peristiwa yang mendetail dan kompleks aja udah hampir bikin kepala ini overload nah di OPPENHEIMER itu belum semua. Masih ditambah dengan struktur cerita yang nggak linear juga intrik politik yang tak kalah intensnya. Itu udah semua? Belum. Masih ada rentetan dialog padat yang bertubi-tubi membahas campur aduk itu semua yang kalau kita tidak cermat mungkin bisa langsung ngerasa bosan atau hilang arah.


Memang butuh bekal yang tak sedikit sebelum menonton film ini. Bisa dengan membaca biografi American Oppenheimer juga mencari tahu tentang "The Manhattan Project". Kalau cuma bekal "sudah menonton film Christopher Nolan yang lain" mimin rasa itu belum cukup. Namun dibalik kerumitan yang ditampilkan, minGil masih bisa merasakan keunikan yang emang hanya bisa dirasakan ketika nonton filmnya Nolan; yaitu ketika kita semakin berusaha merunut urutan narasi film maka saat itu juga kita sudah "masuk" ke dalam film tersebut.


Jajaran ensemble cast yang menawan mulai dari Cillian Murphy, Robert Downey Jr. Matt Damon, Josh Hartnett, Benny Safdie, Dane DeHaan dan masih banyak lagi itu semua ngga cuma nyetor nama aja.. naskah yang brillian membuat karakter yang mereka perankan bersinar di momen yang diharuskan. Tunggu ketika kamu melihat Presiden Truman dan siapa aktor yang memerankannya.


OPPENHEIMER adalah kisah kompleks tentang sosok manusia yang sebenarnya hanya terobsesi dengan hal yang ia sukai namun sayang keadaan dan situasi saat itu membuatnya mempertanyakan obsesinya itu sendiri.

Subscribe to this Blog via Email :