Sunday, September 3, 2023

REVIEW: JOY RIDE






Beberapa tahun belakangan ini, banyak film dengan tema cerita seputar Asia-Amerika yang meraih kesuksesan besar di pasaran. Sebut saja Crazy Rich Asians (2018) dan Everything Everywhere All at Once (2022) yang sukses memenangkan Oscar. Film dengan tema seperti ini ternyata memberikan perspektif berbeda pada industri perfilman Hollywood. Nyatanya, film-film dengan tema tersebut memang membuat penonton merasa bahagia, sedih, hingga merasa lebih diperhatikan.


Adalah Adele Lim, wanita kelahiran Malaysia yang pernah menulis skenario untuk Crazy Rich Asians dan Raya and The Last Dragon, yang memulai debut penyutradaraannya lewat film Joy Ride, sebuah film dengan kisah menawan dan menghibur mengenai pencarian jati diri dan masa lalu. Dikisahkan, Audrey (Ashley Park), pengacara Asia-Amerika yang dibesarkan oleh orang tua angkat berkulit putih, harus melakukan perjalanan bisnis ke Tiongkok ditemani Lolo (Sherry Cola), teman masa kecilnya dan sepupu Lolo, Deadeye (Sabrina Wu). Selama di Tiongkok, mereka bertiga didampingi oleh Kat (Stephanie Hsu), teman kuliah Audrey. Dalam kenyataannya, ternyata perjalanan bisnis Audrey tidak semulus perkiraannya. Klien-nya menuntut untuk bertemu dengan orang tua kandung Audrey, yang mana hingga saat ini belum pernah ditemuinya.


Diproduseri oleh Seth Rogen dan ditulis oleh Teresa Hsiao (Family Guy) dan Cherry Chevapravatdumrong, fokus film memang seputar komedi dewasa dan tema “vacation gone wrong” yang sukses melariskan film-film macam The Hangover dan Girls Trip. Dapat diakui, keempat bintang utama memiliki chemistry yang luar biasa. Keempatnya juga sukses menampilkan karakternya sesuai caranya masing-masing. Penonton dibuat tertawa terbahak-bahak hingga sedih dan iba terhadap nasib keempat orang tersebut.


Kejutan-kejutan tak terduga dan referensi dari budaya populer juga bisa kita temukan dalam film ini. Joy Ride bisa jadi film komedi yang menghibur dan menyenangkan di paruh kedua 2023, meskipun belum tentu yang terbaik. Penulisan naskah yang rapi dan penampilan aktor yang luar biasa, membuat Joy Ride tampil memuaskan. Bisa dibilang, film ini menggambarkan secara apik bagaimana masalah hidup, persahabatan, dan keluarga yang muncul bersamaan dihadapi dengan hal-hal di luar nalar.

Overall: 8/10

Subscribe to this Blog via Email :