Wednesday, August 30, 2023

REVIEW: THE EQUALIZER 3




Selain John Wick ada franchise The Equalizer yang cukup menarik perhatian penikmat action. Rilis pertama kali tahun 2014, lalu berlanjut ke sequelnya The Equalizer 2 tahun 2018 dan sekarang berselang 5 tahun film ketiganya pun rilis. Tidak seperti John Wick yang seri pertama hiangga film ke-4 masih memamakai benang merah cerita yang sama, The Equalizer setiap filmnya bisa beridiri sendiri tanpa harus menonton film sebelumnya. Denzel washington kembali pada perannya sebagai mantan agen yang mematikan Robert McCall dan Antoine Fuqua juga kembali menyutradarai film ketiga The Equalizer ini.



Robert McCall (Denzel Washington), seorang mantan agen rahasia berada di Italia untuk mengejar salah satugembong narkoba yang juga melakukan sebuah penipuan. Di akhir misi tersebut McCall tertembak dan pingsan. Ditolong oleh warga lokal dalam penyembuhannya McCall merasa mendapat ketenangan di wilayah Italia Selatan tersebut dan berniat menghabiskan sisa hidupnya di sana. Namun itu hanya sementara, McCall mengetahui jika warga kota tersebutberada dalam kendali bos mafia setempat. McCall kemudian memutuskan untuk membantu, dan berhadapan dengan mafia penguasa setempat.





Masih dengan formula yang sebagian besar hampir sama dengan dua film sebelumnya, tidak ada hal yang mencolok dalam film ketiga ini. Kharisma dari Denzel Washington sebagai Robert McCall masih terasa kuat di sini. Selebihnya? Well, bisa dibilang agak mengecewakan. Penulis seakan sudah kepayahan untuk bisa mengeksplorasi lebih jauh dari film ini. Tidak ada halangan berarti untuk karakter utama sepanjang film. Sang jagoan bertindak tanpa ada konsekuensi apapun dan bahkan villain utama dalam film ini tidak punya kontribusi berarti untuk karakter yang disebut main villain dalam film ketiga ini. Keberadaan Dakota Fanning sekalipun juga tidak memeberikan dampak berarti pada plot cerita.



Untuk sequence action sendiri juga tidak sebanyak film sebelumnya namun masih memberikan rasa nyeri yang sama setiap Robert McCall melakukan serangan-serangan yang mematikannya pada musuhnya, alasan yang membuat kita kenapa menyukai Robert McCall di mana teknik beladirinya berbeda dengan karakter-karakter hero martial art lainnya. Namun lagi-lagi, tidak adanya karakter musuh yang mengimbangi jagoan film terasa flat. Bandingkan dengan John Wick yang meskipun setiap pertarungan penonton dia akan menang, namun hal itu tidak didapatkan dengan mudah.



Secara keseluruhan The Equalizer 3 ini lebih lemah dibandingkan 2 film sebelumnya. Kehadirannya seolah-olah hanya untuk mengobati keinginan fasn melihat karakter ikonik muncul lagi, tetapi sayangnya tidak didukung dengan pondasi cerita yang kuat. Mungkin memang masih bisa mengobati rasa kangen fans melihat Robert McCall, tetapi tidak lebih dari itu.

Overall: 6/10


Subscribe to this Blog via Email :