Tuesday, October 31, 2023

REVIEW: PLUTO



Siapa yang gak tau sama Astro Boy? Animasi legendaris ini begitu populer bahkan dijuluki sebagai nenek moyangnya anime karena juga digarap oleh sang maestro mangaka Osamu Tezuka yang juga menciptakan banyak judul judul legendaris seperti Dororo & Buddha. Pada 2003 lalu salah satu arc dari Astro Boy yang berjudul "The Greatest Boy on Earth" diadaptasi menjadi epos 8 episode oleh mangaka maestro lainnya yakni Naoki Urasawa ( Monster, 20th Century Boys) berjudul PLUTO. Ditahun 2023 ini PLUTO mendapatkan adaptasi animasinya lewat platform Netflix. MinGil yang kebetulan nggak baca manganya, langsung tancap gas namatin animenya. Berikut review dari kami:


Anime PLUTO ini bisa diikuti tanpa mesti khatam Astro Boy. Karena PLUTO bener bener memberikan nafas baru bagi kisah dari universe Astro Boy. Naoki Urasawa mengubah tone kisah sang robot anak super rmenjadi kisah crime thriller (diwakili oleh krakter Gesicht yang simpatik) yang humanis dan kompleks, cenderung muram tapi tetap intricate untuk diikutin. Meski akan ada keklisean yang ditemukan, Menuntaskan animasi ini menjadi perenungan tersendiri terhadap nilai nilai yang menyangkut hati nurani dan keberdampingan dengan kecerdasan buatan (AI) ; Isu yang kebetulan saat ini sedang relevan di sekitar kita.


Hampir tiap karakter yang muncul punya momennya tersendiri yang berkaitan dengan perkembangan konflik cerita. Dari robot penjual bunga sampai istri dari karakter pendukung. Disokong dengan penulisan yang solid dan konsisten, Anime PLUTO jadi tontonan dengan berbagai macam isu yang semakin relevan ketika ditonton saat ini. Mulai dari isu geopolitik sampai kejahatan perang. Entah kenapa bisa muncul kebetulan seperti ini.


PLUTO sudah tersedia di netflix. Berjumlah 8 episode dengan masing-masing episode berdurasi 50 menit- 1jam. Mimin sarankan menonton pelan pelan agar bisa meresap dan memahami konflik yang ada di dalamnya.


9/10







Subscribe to this Blog via Email :